Martapura, infoPublik – Guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakatnya, serta melatih masyarakat untuk terbiasa berprilaku hidup sehat, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan setempat membentuk Gerakan Maasyarakat Hidup Sehat (Germas).
Pada diskusi Germas yang digelar Rabu (24/5) lalu di Hotel Q Daffam Banjarbaru, Wakil Bupati Banjar  H Saidi Mansyur sangat berharap, keberadaan Germas dapat berdampak positif dengan perubahan prilaku masyarakat dalam menjaga kesehatan baik kesehatan diri,keluarga maupun lingkungan.
“Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini bertujuan agar masyarakat Kabupaten Banjar terhindar dari penyakit tidak menular yang pengobatannya sangat mahal, serta menjadi lebih produktif untuk membangun Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah,” ujar Saidi, dihadapan peserta forum diskusi Germas yang terdiri dari petugas kesehatan serta stakeholder kesehatan seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, BPJS Kesehatan, Kantor Kementerian Agama, Dinas Perhubungan, dan lainnya..
Pemberi materi pada kegiatan ini yakni Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, M.Kes, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, H. Sukamto, SKM, MM, dan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Moh. Yani, S.Kep, serta Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Sa’dillah,SKM bertindak sebagai Moderator pada acara ini.
Pada diskusi forum Germas, diungkapkan bahwa bagi para penderita penyakit tertentu, maupun bagi yang merasa badannya masih sehat, disarankan untuk tetap memeriksa kesehatannya di fasilitas kesehatan terdekat minimal setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan kesehatan yang dimaksud diantaranya pemeriksaan tekanan darah dan lingkar pinggang, cek gula darah, kolesterol, asam urat, darah lengkap di laboratorium. “Juga tak kalah pentingnya untuk mendeteksi kanker leher rahim secara dini bagi wanita,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar. Ichwansyah,M.Kes, saat memberikan materi.
Kegiatan yang dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi ini berjalan dengan lancar, dengan rencana tindak lanjut akan melaksanakan launching Germas Kabupaten Banjar dalam waktu dekat, serta melaksanakan pameran Germas di Kabupaten Banjar pada hari jadi Kabupaten Banjar, dengan tujuan merubah perilaku masyarakat menjadi terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. (MC-Kab.Banjar/asmuri/reza/eyv)