Media Center Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Terbaik

Share it:



Martapura, - Kiprah Dinas Komunikasi,  Informatika,  Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar dalam menyampaikan informasi Pembangunan kepada masyarakat kembali mendapat apresiasi oleh Kementerian Kominfo RI.  Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menerima penghargaan pengelolaan Media Center Daerah Terbaik.
Penghargaan diberikan oleh Dirjen Komunikasi dan Informasi Publik, Rosalina Niken Widiastuti dan diterima oleh Kepala Dinas Kominfo,  Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Dr. Ir. H. M Farid Soufian, MS  Rabu (21/2) di The Margo Hotel Depok Jawa Barat.
Sebelumnya,  Media Center Kabupaten Banjar mendapat bantuan hibah perangkat komputer dari Kementerian Kominfo RI, yang  pengelolaannya diserahkan kepada Dinas Kominfo,  Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar.
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI,  Rosalina Niken Widiastuti,  menyampaikan bahwa tugas menyampaikan informasi kepada masyarakat adalah kewajiban Dinas Kominfo di daerah, salah satu sarana tersebut adalah media center, saat ini terdapat sebanyak 251 media center yang tersebar di seluruh Indonesia.
"Masyarakat memiliki hak untuk memperoleh informasi tentang pembangunan.  Kewajiban kita dari Kominfo untuk memenuhi hak masyarakat tersebut, " ujar Rosalina.
Kita juga sedang menata ulang website Indonesia, sekarang kita sedang membangun website besar yakni Indonesia.go.id. Menurut Rosalina,  media center sangat penting keberadaannya bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah sendiri.
Media center diharapkan oleh Rosalina menjadi jembatan penghubung antara Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dengan masyarakat. 
"Pemerintah Daerah bisa menyampaikan tentang hasil pekerjaannya kepada masyarakat, sebaliknya masyarakat juga bisa mengetahui tentang kemajuan pembangunan di daerah.  Bahkan diharapkan,  Media Center melakukan komunikasi dua arah,  tidak hanya sebagai penyampai informasi namun juga bisa memberikan pencerahan atas pertanyaan atau hal-hal pembangunan daerah yang kurang dipahami masyarakat, " tambahnya.
Pada acara yang diselenggarakan selama 3 hari juga dirangkai dengan bimbingan teknis bagi pengelola media center daerah.  Sejumlah nara sumber ditampilkan berbagi pengalaman dan penhetahun,  seperti pengelola media center Provinsi Jawa Timur.
Mas Heru dari media kompas,  Rully Nasrullah,  Ahmed Kurnia Pemred infopublik dan lainnya.
Acara diikuti oleh 21 media center dari berbagai Propinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia yang dianggap paling berkontribusi dalam penyampaian informasi daerah,  melalui web info publik yang dikelola oleh kementerian kominfo RI.
Bimtek tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengelola media center dalam menyampaikan berita dan foto.  Meningkatkan kualitas penyampaian informasi daerah guna menunjang pembangunan daerah.
"Media center yang aktif dalam penyampaian informasi baik berita maupun foto, kita berikan penghargaan.  Kita pilih 10 media center terbanyak berkontribusi baik berita mauoun foto,  untuk diberi penghargaan.  Dan kita juga memilih foto yang dianggap terbaik untuk diberi reward, " jelas Kasubdit Media Online Kominfo RI,  Nurlaili. (dani/hendy)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: