Unit Pengolahan Ikan Mulai Beroperasi

Share it:
Martapura, infoPublik - Bupati Banjar H Khalilurrahman meresmikan Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang terletak di desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, Rabu (28/2).
Beroperasinya UPI melengkapi sektor perikanan di Kabupaten Banjar yang terkenal sebagai daerah penghasil ikan patin terbesar di Kalimantan.
Pegelolaan UPI dipercayakan kepada PT Satrya Trinadi Komira Perkasa dengan kontrak kerjasama selama 2 tahun. Penandatanganan kerjasama dilakukan antara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Banjar Noor Ifansyah Fani dengan Direktur PT Satya Trinadi Komira Perkasa dan disaksikan oleh Bupati Banjar H Kahlilurrahman.
H Khalilurrahman dalam sambutannya mengatakan, pemanfaatan dan operasional UPI, perlu penanganan yang profesional sehingga kerjasama dalam pengelolaan UPI dapat lebih meningkatkan fungsi UPI guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah.
Dia menginginkan, keberadaan UPI dapat meningkatkan pendapatan masyarakat pembudidaya ikan di Kabupaten Banjar serta membangkitkan perekonomian daerah disektor perikanan guna mewujudkan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.
Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Banjar Noor Ifansyah Fani menjelaskan, Unit Pengolahan Ikan (UPI) tersebut merupakan fasilitas pengolahan ikan fillet dengan komiditas ikan patin yang dibangun sejak 2012 dalam rangka mendukung industrialisasi pengolahan perikanan di Kabupaten Banjar.
Ikan patin merupakan ikan unggulan di Kabupaten Banjar dengan produksi tahun 2018 sebesar 30.187,75 ton atau 51,95 persen dari total produksi budidaya tahun 2017 sebesar 58.105 ton.
Noor Ifansyah Fani berharap, keberdaan Unit Pengolahan Ikan (UPI) dapat memberikan kontribusi besar terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Banjar.
Nampak hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Bidang Adminstrasi Umum H Wildan Amin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar Nyoman Yudiana, Forkopinda Kabupaten Banjar, Dinas Perikanan Provinsi Kalsel, Dirjen Kementerian Perikanan dan Kelautan RI. (MC-Kab.Banjar/Reza/Roni/dani/eyv)
Share it:

banjarkab

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: