Banjar Targetkan Akreditasi Paripurna Seluruh Puskesmas Tahun 2021

Share it:
Martapura, infoPublik – Perbaikan pelayanan kesehatan terutama di tingkat dasar begitu diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Dari 23 Unit Pelayanan Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (UPT-Puskesmas) yang ada di daerah tersebut, 15 di antaranya sudah mendapat sertifikat akreditasi.
Bupati Banjar H Khalilurrahman mengharapkan pelayanan kesehatan di puskesmas bisa terus ditingkatkan agar bisa mewujudkabn masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah di bidang kesehatan.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah menegaskan, pihaknya menargetkan seluruh puskesmas bisa akreditasi paripurna pada tahun 2021 mendatang. “Saat ini, sudah ada 15 puskesmas atau sekitar 65 persen dari seluruh puskesmas di daerah kita yang terakreditasi,” ujarnya, usai menyaksikan penyerahan sertifikat akreditasi oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman kepada para kepala Puskesmas, di halaman kantor Pemkab Banjar,Senin (7/5).
Dari 15 puskesmas yang terakreditasi, 10 puskesmas memperoleh sertifikat akreditasi dasar dan 5 akreditasi madya. “Insya Allah harapan kita pada tahun 2021, seluruh puskesmas di Kabupaten Banjar mendapat akreditasi paripurna,” tegas Ikhwansyah.
Dijelaskan bahwa  setiap pelayanan kesehatan tingkat pertama mesti memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sehingga di mana pun masyarakat berobat, maka akan menerima pelayanan kesehatan yang sama bagusnya.
“Artinya mutu pelayanan dan kualitas pelayanan sudah sudah sesuai standar. Jadi di mana pun masyarakat berobat, maka akan memeproleh pelayanan kesehatan yang sama,” jelas Ikhwansyah.
Akreditas pasilitas kesehatan merupakan kewajiban dari seluruh puskesmas di Indonesia. Tiap dua tahun sekali, maka puskesmas akan kembali diuji apakah masih sesuai standar yang ditetapkan pemerintah pusat, atau tidak. Tingkat akreditasi puskesmas ada empat level yakni level dasar, madya, utama dan aklreditasi paripurna. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Dani)
Share it:

banjarkab

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: