Buka Puasa Bersama Warga, Bupati Serahkan Alsintan

Share it:
Martapura, infoPublik - Bersamaan dengan agenda Safari Ramadhan di hari ke 17 Ramadan, Bupati Banjar H Khalilurrahman menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani Desa Guntung Ujung Kecamatan Gambut, Sabtu (2/6).
Alsintan yang diserahkan kepada Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Berkat Bersama tersebut berupa 2  unit mesin panen Combine Harvester, 5 unit Traktor rottary dan 2 unit pompa air.
“Bantuan alat dan mesin pertanian kepada Usaha Pelayanan Jasa Alsintan ini diharapkan memberikan dampak bagi peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Banjar, serta peningkatan kesejahteraan petani,” ujar bupati, di hadapan warga yang memenuhi Masjid di Desa Guntung Ujung.
Menurut bupati yang mantan anggota DPR-RI ini, jika petani makmur maka masyarakat pun makmur dan sejahtera, sehingga kemiskinan akan berkurang dan menjadikan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.  
Desa Guntung Ujung merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar yang merupakan salah satu sentra pertanian budidaya padi sawah dengan luasan sawah sebesar 715 hektar. 
Sebagai upaya membina dan mendampingi kelompok-kelompok tani aktif yang berperan serta memajukan pertanian di Desa Guntung Ujung, khususnya dan Kabupaten Banjar secara umum, maka penyuluh pertanian bersama beberapa pengurus kelompok tani berinisiatif membentuk Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA).
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura H. Muhammad Fachry, menjelaskan, keberadaan UPJA ini dilatarbelakangi suatu peluang usaha akibat adanya kesenjangan antara kebutuhan alsintan dengan ketersedian alsintan di suatu wilayah.  Padahal alsintan sangat dibutuhkan petani untuk mempercepat pengolahan tanah, penyediaan air, peningkatan indeks pertanaman, mengurangi kehilangan hasil, dan sebagainya dalam rangka efisiensi usaha tani. 
“Kami berharap bantuan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Semoga adanya alat-alat tersebut maka proses berbagai kegiatan budidaya pertanian bisa lebih cepat selesai dan hasilnya pun semakin baik sehingga kita bisa mencapai target daerah dan nasional,” ujarnya seraya berpesan agar alsintan yang diberikan dijaga dan dirawat dengan baik. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Riza/Dani)
Share it:

banjarkab

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: