Layani KB Gratis di Mobil Keliling

Share it:
Martapura, infoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar terus berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan. Salah satunya melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) yang melaksanakan pelayanan KB gratis.
Kali ini bertempat di Desa Sungai Lakum Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Sedikitnya 24 akseptor dilayani oleh tim DP2KBP3A Kabupaten Banjar, Bidang KB dan KS yang bekerjasama dengan Tim BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan serta bidan desa dari Puskesmas Kertak Hanyar, (Senin 10/4).
Pelayanan dilakukan Melalui media Mobil Unit Pelayanan KB (MUYAN) kegiatan pelayanan gratis berlangsung tertib dan cepat, karena juga mendapat bantuan dari pihak Kecamatan, Penyuluh KB dan Kader KB desa Kertak Hanyar.
Para peserta KB rata-rata memilih alat kontrasepsi berupa Implant, dikarenakan lebih praktis dan berjangka waktu lama. Pelayanan tidak hanya pemasangan alat kontrasepsi, tapi juga melayani bongkar pasang juga pemasangan alat kontrasepsi IUD.
Kepala Bidang KB dan KS DP2KBP3A Kabupate Banjar Alfisah, SKM, MM yang juga ikut andil melayani masyarakat dalam kegiatan ini mengatakan, program KB ini selain dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara pengaturan kelahiran anak. Diharapkan juga dapat membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga. “Pada muaranya terbentuk keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya," ujar Alfisah.
Ia mengatakan kadang-kadang keluarga berpikir, kenapa pemerintah membatasi punya anak yakni cukup dua anak.  “Hal ini supaya anak kita ini nantinya betul-betul mendapatkan pendidikan yang layak, kita kan tidak tahu juga bagaimana nanti kedepannya mata pencarian kita bagus apa tidak,” tambahnya, seraya menjelaskan pelayanan KB gratis menggunakan mobil keliling atas permintaan warga.
Salah seorang akseptor KB mengatakan sangat berterima kasih dengan adanya KB gratis yang di selenggarakan di Kertak Hanyar. “Pelayanannya sangat baik bagi warga masyarakat, ke depan supaya di adakan terus pelayananya KB yang gratis, karena sangat membantu warga,” ujar Wati, wanita muda tersebut. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Agus/Dani)

Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: