Lestarikan Kearifan Lokal Banjar

Share it:
Martapura, Infopublik - Selama 16 hari, Festival Tahunan Budaya Banjar kembali menghampiri warga Kabupaten Banjar. Seluruh kegiatan digelar di halaman atau Aula Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjar. Event budaya ini diisi dengan beragam lomba seperti sinoman hadrah, Maulid Al Habsy, rebana, rudat, bakisah bahasa banjar, dan bapantun.
“Kegiatan rutin ini untuk kelompok atau ko­munitas budaya dengan enam kegiatan utama. Total peserta 151 yang terbagi dua kategori, umum dan pelajar,” kata Kepala Dinas Kebu­dayaan dan Pariwisata Banjar Haris Rifani sele­lah pembukaan festival di halaman kantornya, kemarin siang, (1/8).
Para pemenang, terang Haris, akan mendapat hadiah pembinaan. Totalnya sebesar Rp.19,3 juta, plus piala, dan piagam penghargaan, la berharap, budaya lokal tetap lestari serta seni banjar tetap abadi. Menurutnya, event terse­but untuk memeriahkan HUT RI dan Hari Jadi ke-68 Kabupaten Banjar.
Sedangkan Bupati Banjar H. Khalilurrahman menegaskan, festival rutin ini adalah usaha positif menggali, memperkenalkan, dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah di kalangan generasi muda dan masyarakat luas. Event budaya, tegasnya, menjadi sara­na mengokohkan semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta mewujudkan kepedulian bersama antara masyarakat dan pemerintah daerah melestarikan kearifan lokal, (mam/ar)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: