Banjar Canangkan Wajib PAUD 1 Tahun

Share it:
Martapura, InfoPublik – Komitmen Pemerintah Kabupaten Banjar untuk meningkatkan kecerdasan dan pembentukan karakter anak sangat besar. Salah satunya bisa dilihat dari program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerah tersebut. Kini, para orang tua diminta untuk memberikan Pendidikan usia dini sebelum menjalani Pendidikan di Sekolah Dasar. Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Banjar dan Himpaudi Kecamatan se Kabupaten Banjar bersama Bunda PAUD Kabupaten Banjar, serta Tim Pengembangan Paud Kemendikbud RI, menandatangani komitmen wajib PAUD 1 tahun pra SD, di Mahligai Sultan Adam, di kantor Kecamatan Martapura Timur, Senin (10/9).
Kewajiban PAUD setahun para SD karena PAUD kini menjadi program prioritas pendidikan nasional dalam rangka mendukung keberhasilan wajib belajar 12 tahun. Bunda PAUD Kabupaten Banjar, Hj Raudhatul Wardiyah mengatakan, pentingnya PAUD bagi anak-anak sebagai awal dalam pembentukan karakter mereka. Untuk itulah, dia meminta kesadaran bagi para orang tua untuk menyekolahkan anaknya di PAUD.
“Semoga melalui PAUD ini maka anak-anak dapat menjadi anak yang pintar, dan melalui PAUD ini juga kita dapat menjadikan anak-anak yang berkarakter,” katanya.
Raudhatul Wardiyah mengaku prihatin dengan gaji guru PAUD yang selama ini dinilainya sangat minim. 
“Saya sih kasian aja sama guru PAUD, karena gaji yang mereka terima tidak seberapa,” ucapnya.
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Ruspan Noor  mengatakan, Sekolah PAUD yang ada di Kabupaten Banjar terbagi menjadi dua, yakni ada yang formal, dan nada yang non formal.
“Kalau yang formal, mereka itu sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah melaui dana BOP, sedangkan yang non formal, dilaksanakan oleh masyarakat, dan gaji para gurunya pun dari masyarakat juga,” katanya. (MC-Kominfo-Banjar/Koban/Dani)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: