Rumah Produksi Aksesoris Kembali Beraktivitas, Pengrajin Tasbih Kaukah Kebanjiran Orderan

Share it:


Martapura, InfoPublik – Setelah beberapa bulan sempat diliburkan karena tidak adanya pesanan akibat pandemi Covid-19, kini pengrajin tasbih dan aksesoris dari kayu kaukah mulai kembali beraktivitas.

Hal tersebut terlihat di salah satu rumah produksi Jalan Antasan Pasar Papan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (19/10/2020).

Para pengrajin sudah disibukan dengan berbagai pesanan, baik pembeli lokal atau untuk grosiran yang dikirim berbagai daerah di pulau Jawa seperti Surabaya, Jakarta dan daerah-daerah yang menjadi tempat tujuan wisata religi khususnya jiarah wali songo.


Fitri salah seorang karyawan di tempat kerajinan Kaukah menjelaskan, semenjak pandemi Covid-19 melanda, usaha kerajinan kaukah tempatnya bekerja sempat diliburkan beberapa waktu karena tidak adanya pesanan, khususnya pesanan dalam jumlah banyak dari Pulau Jawa.

“Karena disana tempat-tempat wisata ditutup, di mana kerajinan kaukah dijadikan sebagai souvenir atau buah tangan, terlebih lagi ditiadakannya umrah dan haji oleh pemerintah Arab Saudi, karena produk kerajinan kita juga dipasarkan di Tanah Suci Mekkah dan Madinah,” ucap dia.

Dikatakannya, tempat usaha sempat diliburkan baik produksi maupun penjulan karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan daerah yang menjadi pelanggan juga.

Sementara untuk tempat-tempat jiarah atau wisata religi juga ditutup, sedangkan produk biasanya menjadi souvenir untuk tempat wisata religi.

Ia juga menambahkan sudah beberapa bulan ini tempatnya bekerja sudah mulai beraktifias kembali baik bagian produksi maupun bagian pemesaran seiring dengan, berubahnya status Kabupaten Banjar dari Zona Merah menjadi Zona Kuning.

“Dan orderpun sudah mulai berdatangan namun untuk bagian produksi masih belum sepenuhnya masih untuk menghabiskan sisa stok bahan,” kata dia.

Lebih lanjut, ia berharap pandemi ini segera cepat berlalu dan normal seperti sedia kala, kami juga pekerja disini dalam beraktifitas menerapan protokol pencegan Covid-19.

Sebagai ikhtiar kami, kami juga sebisa mungkin mengimbau kepada pembeli yang datang ke sini agar memakai masker dan cuci tangan. (MC Kab.Banjar/Agusoke/Man/mey)


Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: