LPKA Martapura Miliki Gedung Baru

Share it:
Martapura,InfoPublik – Lembaga Pembinaan KHusus Anak Kelas 1 Martapura, kini memiliki Gedung baru. Gedung yang terletak di Jalan Pintu Air Kecamatan Martapura Kabupaten banjar tersebut, diresmikan oleh Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur pada Senin (28/1/2019).
Gedung baru Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, diharapkan menjadi wadah binaan usia anak yang menjalani masa hukuman untuk mendapatkan keterampilan agar menjadi masyarakat yang terampil setelah keluar nanti.
“Keberadaan LPKA Kelas 1 Martapura diharapkan bisa memberikan anak-anak binaan keterampilan yang bisa digunakan setelah nanti mereka keluar. Pembinaan yang mereka peroleh tentu sangat berguna karena selama berada di LPKA ini mereka dibina jasmani dan rohani,” ucap Saidi, usai memotong pita tanda diresmikannya  gedung baru LPKA Kelas 1 Martapura.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan Ferdinand Siagian menyampaikan LPKA Kelas 1 Martapura digabung dengan konsep ramah anak. Menggunakan regulasi yang ada, sehingga anak-anak yang di bina di sini akan menjadi baik dan diharapkan pada saat keluar dari lembaga ini nanti, anak-anak tersebut dapat mempraktekkan segala program binaan yang diajarkan.
Sedangkan Kepala Lembaga Pembinaaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Martapura, Muhammad  Latif Safiudin mengatakan berbagai fasilitas tersedia di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)  Kelas 1 Martapura yang baru di resmikan ini,  disamping untuk memudahkan lembaga ini melakukan pembinaan terhadap narapidana di LPKA ini, selain itu untuk memperhatikan hak-haknya sebagai anak.
“Diantara fasilitas tersebut yakni, terdapat bangunan kantor, ruangan klinik dengan dua perawat yang di sediakan, ruangan makan, dapur, mesjid, majelis serta gedung serba guna untuk kegiatan bulu tangkis, musik dan  kegiatan lainnya. Todak hanya itu,  di sini juga terdapat lapangan untuk berbagai kegiatan seperti senam,  pramuka dan lainnya,” jelas Latif.
Latif juga mengatakan, gedung baru LPKA ini di bangun dengan menggunkan dana APBN sebesar 13 miliyar rupiah, yang dapat menampung kapasitas anak binaan sekitar 100 orang yang terbagi dalam dua blok yaitu Paviliun Sultan Adam dan Paviliun Sultan Suriansyah. Di LPKA ini pula dilakukan berbagai pembinaan keterampilan dan kegiatan keagamaan seperti kegiatan majelis dan Pesantren terpadu yang di beri nama At Taubah
“Diwacanakan juga ke depan akan diprogramkan Ponpes Terpadu di LPKA Kelas I Martapura, kemudian akan bekerjasama dengan pemangku kepentingan lainnya di Kabupaten Banjar,” katanya.
Turut hadir Kepala Lapas Anak M. Latif Safiudin, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar Muji Martopo, Kemenag Banjar Izzudin dan Forkopimda dan para undangan lainnya. (MC-Banjar/ags/man/dani)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: