390 Lahan Parkir Disiapkan

Share it:
Martapura, InfoPublik - Relawan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul, membuka banyak lahan parkir untuk menampung kendaraan jemaah. Tak main-main, ada 390 lahan sengaja dibuka untuk helatan akbar yang rutin digelar setiap tahun ini.
Semua lahan parkir itu diperkirakan bisa menampung total 409.260 kendaraan bermotor, baik roda dua hingga roda empat. Lahan parkir ini mengantisipasi makin membludaknya jemaah yang datang pada haul yang diselenggarakan 10 Maret 2019 nanti.
Lurah Sekumpul Kabupaten Banjar Gusti Marhusin mengatakan, relawan membuat taksiran rata-rata daya angkut kendaraan per wilayah datang untuk menghitung daya tampung lahan parkir yang mesti disediakan.
“Jumlah lahan parkir kendaraan dari Hulu Sungai lebih sedikit. Tapi daya tampung sangat banyak jika kita bandingkan arah Banjarmasin dan Tanah Laut,” kata Gusti Marhusin, di Martapura, Senin (25/2).
Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Banjar A Solhan mengatakan, pihaknya telah meratakan lahan-lahan parkir ini dengan alat berat. Pengerjaan dilakukan bertahap karena jarak antar titik parkir terpisah.
Adapun, titik parkir baru tahun ini adalah Jalan Sekumpul Raya Muhibbin seberang Gang Hijrah Jaya, Sekumpul Raya Muhibbin Jalan Anggrek Merah. Sekumpul Raya Kompleks Habib Hasyim, Sekumpul Raya Tembus Gang Hidayah 3. Sekumpul Raya Kompleks Cordoba Gang Banjar, Jalan SMA Gang Jambu Indrasari.
Kemudian Jalan Sekumpul Ujung Gang Bangka, Jalan SMP Pertigaan Samping Bengkel Las. Kompleks Antero Raya Seberang Masjid indrasari, Jalan SMA Gang Melati, dan Jalan Karya Belakang swalayan Yasmin Sekumpul.
Semua lahan yang dijadikan lokasi parkir mulai dibangun posko semi parmanen oleh warga setempat. Biasanya, tiap titik parkir disediakan air mineral, toilet umum, dan warung gratis.
Setiap tahun pelaksanaan haul ulama kharismatik asal Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar tersebut selalu diikuti banyak jamaah yang datang dari berbagai daerah bahkan negara tetangga. Tahun lalu diperkirakan lebih dari satu juta jamaah yang turut hadir, termasuk Presiden Joko Widodo. (MC-Banjar/Prokal-Adv-mam/dani/toeb)

Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: