BUPATI INGINKAN WISATA SUSUR SUNGAI TERWUJUD

Share it:

Martapura, InfoPublik - Kabupaten Banjar yang merupakan salah satu dari daerah Kalimantan Selatan yang memiliki sebagian wilayah sungai, Pemerintah Kabupaten Banjar saat ini juga menggelorakan label wisata pasar terapung Lok Baintan, dan pelatihan pemandu wisata pasar terapung di Lok Baintan.
Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan dengan program tersebut bisa menciptakan interkoneksitas wisata susur sungai.
“Kita berharap, semoga wisata susur sungai segera terwujud, dengan interkoneksitas wisata sungai mulai dari Banjarmasin sampai ke Martapura,” harap Bupati Banjar, pada kegiatan safari ramadan Di Desa Pemakuan, Kecamatan Sungai Tabuk, Selasa (28/5/2019).
Ia juga menghimbau kepada Kepala Desa setempat untuk menggali inovasi dan potensi wisatanya terutama di pinggir sungai.
“Seperti agrowisata jeruk madang, wisata budaya alam roh dan lain lain, yang perlu kita bangun bersama, untuk lebih menambah daya tarik wisata susur sungai,” ujarnya.
Adapun Bupati Banjar menyampaikan rute wisata susur sungai dari Banjarmasin singgah dibeberapa spot wisata di Sungai Tabuk, kemudian ke Martapura Barat, naik di pelabuhan Martapura Timur atau Martapura Kota, dan lanjut ke masjid Al Karomah atau belanja di Cahaya Bumi Selamat.
“Apabila ini terwujud, bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Banjar,” ungkap Bupati Banjar.
Pada kesempatan tersebut Bupati Banjar juga menyampaikan program pembangunan di Kecamatan Sungai Tabuk diantaranya di bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur.
“Bidang kesehatan pengadaan  komputer SIKDA Puskesmas dan pengadaan sepeda motor roda dua, bidang Pendidikan penambahan  dua ruang kelas baru SMPN 4 Sungai Tabuk dan rehabilitas rumah Dinas Guru SDN Sungai Tabuk Keramat 2, dan bidang Infrastruktur perbaikan jalan Desa Sungai Madang, Desa Tanipah, dan Paku Alam, serta kontruksi jembatan Pembantanan,” katanya.
Selain itu juga Kecamatan Sungai Tabuk juga termasuk Program Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (SERASI) seluas 4.149 hektar dan Intensifikasi jeruk kurang lebih 20 hektar di Desa Keliling Benteng Ilir, pengembangan komodiats strategis bawang merah 1 hektar di Desa Abumbun Jaya, serta cabe besardan cabe rawit 4 hektar di Desa Pejambuan Sei Pinang, dan Keliling Benteng.
Pada rangkaian acara safari tersebut Banjar secara simbolis juga menyerahkan bantuan untuk Masjid Munawarah, Desa Pemakuan, Kecamatan Sungai Tabuk sebesar Rp25.000.000,00 yang diterima oleh pengurus masjid dan juga menyerahkan paket sembako serta paket pakaian sholat kepada warga. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Prs/Hendy)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: