Gebyar Sekolah Model Tingkatkan Mutu Pendidikan

Share it:
Martapura, InfoPublik - Gebyar Sekolah Model Kabupaten Banjar dilaksanakan selama 2 hari dimulai dari tanggal 29 - 30 Oktober 2019 yang diikuti oleh 18 Sekolah Model dengan kegiatan ekspose hasil SPM Sekolah Model, lomba best practices Kepala Sekolah Model dan pentas seni karya dan keterampilan peserta didik, di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Martapura, Selasa (29/10/2019).
Kegiatan Gebyar Sekolah Model dihadiri Bupati Banjar H Khalilurrahman sekaligus membuka acara tersebut. Bupati Banjar mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia berbasis Pendidikan, yang merupakan salah satu misi dari Pemerintah Kabupaten Banjar dalam rangka menuju Kabupaten Banjar yang Sejahtera Dan Barokah.
"Salah satunya kegiatan Gebyar Sekolah Model ini, yang merupakan wujud tanggung jawab kepada publik tentang pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di sekolah-sekolah model di Kabupaten Banjar," ungkapnya.
Sekolah Model adalah sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri
Menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga budaya mutu tumbuh dan berkembang secara mandiri serta memiliki tanggungjawab untuk mengimbaskan praktik baik penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada sekolah di sekitarnya.
Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar berharap agar kiranya sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah model untuk terus diberikan penguatan dan pembinaan untuk mampu menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu Pendidikan internal.
"Sekolah-sekolah model harus bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya sehingga kemajuan dan mutu yang telah dicapai bisa diikuti juga oleh sekolah lainnya," ucapnya
Guru Khalil mengungkapkan melalui kegiatan Gebyar Sekolah Model ini sebagai motivasi untuk terus membangun Pendidikan, sehingga dapat menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan mampu bersaing pada masa kini dan masa yang akan datang.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Maidi Armansyah  mengatakan, program sekolah model ini adalah sebuah program yang bertujuan membangun sekolah melalui implementasi sistem penjaminan mutu internal sekolah dan beberapa sekolah untuk menjadi sekolah dalam menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri.
“Kegiatan Gebyar Sekolah Model ini merupakan puncak kegiatan sistem penjaminan multi internal di sekolah-sekolah. Jadi sejak bulan Februari-Maret kita sudah mengusulkan sekolah sekolah, hingga akhirnya sebanyak 18 ditetapkan menjadi sekolah model, dan 3 sekolah menjadi sekolah imbas,” ucap Maidi.
Ditambahkannya, sebelumnya untuk mencapai itu, sekolah sekolah tersebut diberikan kegiatan, untuk meningkatkan kualitas, dalam rangka mencapaian 8 standar nasional Pendidikan.
Pada kegiatan tersebut Bupati Banjar H Khalilurrahman mengunjungi beberapa stand Sekolah Model, serta menyaksikan pentas seni dari sejumlah peserta Sekolah Model di Kabupaten Banjar (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Prs)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: