Jurnalis Kabupaten Banjar Kunjungi Kantor Dewan Pers

Share it:
Martapura, InfoPublik – Sebanyak 22 Wartawan yang tergabung dalam Jurnalis Banjar berkesempatan mengunjungi Kantor Dewan Pers Jakarta, Rabu ( 06/11/2019 ) siang.

Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar H. M. Farid Soufian, yang didampingi Kabid Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Eddy Elminsyah Jaya, dan disambut oleh anggota Dewan Pers Asep Setiawan, Rita dan Maria.

Eddy Elminsyah Jaya, Kabid Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar dalam pengantarnya menjelaskan tujuan kunjungan tersebut dan memperoleh informasi dari Dewan Pers terkait Dewan pers secara umum dan Verifikasi jurnalis.

"Tujuan kami berkunjung salah satunya adalah meminta penjelasan kepada Dewan Pers terkait verifikasi  jurnalis kepada kita semua, sehingga kita paham mengenai verifikasi dan syarat agar Para wartawan bisa ter verifikasi," jelasnya.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, H. M. Farid Soufian menyampaikan keinginannya agar bisa mengundang pihak Dewan Pers untuk datang ke Kabupaten Banjar dan berdiskusi lebih banyak lagi.

"Kita bisa mengundang pihak Dewan Pers untuk datang ke Kabupaten Banjar agar kita bisa berduskusi mengenai pers sehingga pemberitaan di Daerah kita lebih baik lagi dan informasi pemerintah cepat sampai," tutur H. M. Farid Soufian.

Sementara itu, Asep Setiawan, anggota Dewan Pers menjelaskan terkait tugas dan fungsi Dewan Pers.
"Adanya Dewan pers untuk menjaga kemerdekaan pers tetap terjaga, melindungi Pers dan memberikan edukasi, adapun fungsinya salah satunya adalah melakukan pengkajian untuk pengembangan kehidupan pers,” paparnya.

Asep menambahkan yang mengatur verifikasi untuk melindungi Pers adalah Konstituen.
"Konstituen Dewan Pers yang mengatur bagaimana mengatur verifikasi untuk melindungi pers," ucapnya.

Asep Setiawan menyarankan kepada wartawan yang belum masuk organisasi wartawan agar bisa bergabung dalam organisasi wartawan seperti di IJTI atau PWI.

Pertemuan tersebut diisi dengan pemaparan mengenai Dewan Pers, diskusi serta tanya jawab. (MC Kominfo Kab.Banjar/Rif'ah/Mey)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: