LAPOR-SP4N Kabupaten Banjar Tembus TOP 30 Terbaik Nasional

Share it:
Martapura, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil tembus Top 30 LAPOR-SP4N terbaik Nasional, di bawah pengawasan Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar.

Dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik melalui evaluasi kinerja aplikasi layanan aduan masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada Selasa (19/11/2019) di Jakarta, melakukan penilaian layanan aduan publik secara Nasional 2019, dengan melibatkan peserta sekitar 600 instansi Pemerintah Pusat, provinsi dan seluruh kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Kompetisi yang sudah diselenggarakan untuk kedua kalinya ini merupakan kegiatan penjaringan, seleksi, penilaian dan pemberian penghargaan kepada penyelenggara pelayanan publik.

“Kompetisi ini bertujuan untuk menjaring, mendokumentasikan, mendiseminasikan, dan mempromosikan pengelolaan pengaduan pelayanan publik sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik,” tutur Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa.

Pengumuman Menteri PAN-RB melalui Keputusan Nomor 310 tahun 2019 tentang kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik diputuskan LAPOR SP4N Kabupaten Banjar termasuk salah satu yang terbaik dan tembus Top 30 berada diposisi rangking Top 22 menyisihkan ratusan instansi pemerintah lainnya.

Instansi dan unit pelayanan publik yang masuk ke dalam Top 40 selanjutnya akan mengikuti tahapan wawancara di hadapan Tim Evaluasi yang akan dilaksanakan mulai 25 November 2019 di Kemenpan RB.

Kemudian, dengan tahapan wawancara untuk memperdalam aspek yang berkaitan dengan inisiatif yang diajukan dan capaian dalam setiap aspek pengaduan pelayanan publik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Kriteria tersebut antara lain pendorong perubahan, dampak yang terjadi, perubahan dan perbaikan pengelolaan pengaduan, serta keberlanjutan inisiatif.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar H.M. Farid Soufian mengatakan, telah menerima hasil penilaian menteri PAN-RB, lapor-sp4n masuk Top 30 pengelola pengaduan pelayanan publik tahun 2019 kategori instansi pemerintah.

"Dalam pengumuman itu lapor-sp4n Kabupaten Banjar tembus Top 30 bahkan kita berada di urutan Top 22 setelah menyisihkan lebih 500 instansi peserta," ucap Farid Soufian yang didampingi Kabid IKP Dinas Kominfo Banjar, Eddy Elminsyah Jaya.

Farid Soufian menambahkan bahwa, tata kelola aduan lapor-sp4n Kabupaten Banjar ini prosesnya memang cukup tinggi karena aduan ini berbasis media sosial dan android.

"Kita berikan layanan kemudahan, kecepatan dan akurasi dalam menyampaian aduan proses nya hanya butuh 5 menit saja aduan itu sudah sampai ke instansi berwenang untuk penyelesaiannya, saat ini admin lapor-sp4n ada di Dinas Kominfo Kabupaten Banjar," lanjut dia.

Dia mengatakan, sosialisasi aplikasi lapor terus diintensifkan, ada sosialisasi ke kantor kecamatan, bimtek dengan berbagai komunitas, media sosial dan berbagai kanal yang lain, intinya adalah dengan harapan seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Banjar mengetahui dan dapat mamanfaatkan aplikasi aduan ini, sehingga secara nyata masyarakat dilayani dengan cepat atas berbagai masalah publik yang butuhkan, hadirnya pemerintah untuk memberikan solusi layanan prima kepada rakyat.

“Dengan mengharapkan kehadiran aplikasi aduan lapor-sp4n dapat dirasakan manfaatnya dan menjadi penyambung lidah rakyat kepada Pemerintah Kabupaten Banjar yang makin mendekatkan pemerintah dan rakyat di Kabupaten Banjar," katanya.

Farid Soufian optimis pengelolaan aduan publik Kabupaten Banjar bisa tembus masuk Top 10 terbaik Nasional atas kerja bersama-sama instansi Pemkab Banjar dalam membangun pelayanan publik terbaik,” harapnya

Farid juga menuturkan, Bupati Banjar H. Khalillurahman beserta jajarannya selalu menyampaikan agar masyarakat memanfaatkan layanan aplikasi lapor untuk melaporkan atau mengadu dan menyampaikan aspirasi.

"Aplikasi aduan ini kita tidak mau hanya sebagai media tempat curhat tapi menjadi media solutif dan seluruh aduan pasti diperhatikan untuk ditindak lanjuti dalam rangka peningkatan kualitas layanan publik dengan mewujudkan visi dan misi Kabupaten Banjar yang sejahtera dan Barokah," pungkas dia. (MC Kominfo Kab.Banjar/Rzq/Man)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: