Bupati Banjar Hadiri Rapat Pleno Persiapan HKSN 2019 di Kementerian Sosial

Share it:
Martapura,InfoPublik – Berbagai instansi terkait terus melakukan persiapan menjelang Peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2019 yang akan diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 18 hingga 20 Desember 2019 mendatang.

Adapun persiapan HKSN tahun 2019 telah memasuki tahap finalisasi akhir dengan dilaksanakannya Rapat Pleno 2 yang bertempat di Kementerian Sosial RI Jakarta Pusat, pada Rabu (04/12/19).

Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Bupati Banjar H. Khalilurrahman, bersama rombongan kepala SKPD lingkup Provinsi Kalimantan Selatan.

Rapat Pleno finalisasi yang dipimpin oleh Menteri Sosial RI  Juliari Peter Batubara beserta jajaran Pejabat Eselon I dan II Kementerian Sosial RI membahas sejumlah materi mengenai rangkaian acara HKSN 2019 di Kalimantan Selatan.

Salah satu rangkaian HKSN yang bertema "Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas" ini adalah Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial melalui jalur darat dan susur sungai untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, diantaranya dengan melakukan renovasi rumah tidak layak huni di kabupaten yang nantinya dilalui.

Kegiatan LBKS tahun ini di Kalsel melibatkan Kabupaten Kota, salah satunya Kabupaten Banjar di mana kegiatan LKBS yang start di Kabupaten Tabalong  direncakanakan untuk rute terakhir akan menyusuri sungai Martapura dari Dermaga Lok Baintan.

Bupati Banjar H. Khalilurrahman menuturkan bahwa kegiatan HKSN ini merupakan momen yang penting bagi kesejahteraan masyarakat, terutama dalam aspek kepedulian sosial.

“Dengan diperingatinya HKSN di Kalimantan Selatan dan di Kabupaten Banjar khususnya akan meningkatkan wawasan dan kepedulian terhadap sesama, saling bergotong royong dan mempererat kekeluargaan, serta dengan bersosialisasi bersama dan menjalin silaturrahim di masyarakat” tuturnya.

Dia mengharapkan kegiatan HKSN ini terus diselenggarakan dengan merangkul pemerintah Kabupaten Kota, sehingga turut andil untuk berpartisipasi dan bekerja sama dalam mensukseskan berbagai kegiatan Nasional.

Sementara itu, Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara menekankan bahwa HKSN tahun 2019 ini menjadi event untuk merekatkan kepedulian sesama dan menumbuhkan semangat kesetiakawanan.

“Agar penyelenggaraan HKSN dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi sehingga akan dirasakan dampaknya baik di Kalsel maupun secara nasional,” tuturnya.

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara berharap kepada semua pihak terkait untuk mendesain kegiatan ini sedemikian rupa sehingga layak dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

“Mari kita pastikan adanya sesuatu yang layak untuk kehadiran seorang Presiden. Kita tingkatkan kualitas penyelenggaraan peringatan HKSN 2019 di Provinsi kalimantan Selatan lebih baik dari sebelumnya, dan kebermanfaatan yang juga tampak nyata untuk masyarakat, secara langsung,” pungkasnya.

“Pada peringatan HKSN tahun 2019 ini, saya ingin sesuatu yang mencerminkan kebersamaan, kepedulian, kerukunan, integrasi, sehingga Presiden benar-benar layak untuk hadir,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Haris Makkie memaparkan kesiapan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Kota yang terlibat di pelaksanaan HKSN 2019.

“Kesiapan Kabupaten/kota yang terlibat di pelaksanaan HKSN 2019 ini sudah lebih dari 80%, di mana telah dilakukan pula verifikasi langsung ke lapangan untuk memastikan persiapannya,” jelasnya.

Menurutnya, event nasional ini pasti akan dihadiri banyak orang baik dari ribuan delegasi hingga masyarakat umum, sehingga harus disambut dengan baik layaknya keluarga. Dengan berlangsungnya HKSN di Kalsel, dia optimis akan banyak memberikan manfaat untuk masyarakat Kalsel dari aspek sosial maupun ekonomi. (MC Kominfo Kab. Banjar/Mey)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: