Bupati Banjar Resmikan Gedung Produksi dan Ruang Pamer Sasirangan

Share it:
Martapura, InfoPublik -  Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Ketua Dekranasda Banjar Hj Raudathul Wardiyah meresmikan Gedung Produksi dan Ruang Pamer Sasirangan, Kamis (19/12/2019). Pendirian gedung tersebut guna meningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Banjar.
Kabupaten Banjar kini memiliki Gedung Produksi dan Ruang Pamer Sasirangan, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar. Gedung tersebut berada di jalan Pemurus, tepat berada di samping kantor Kelurahan Kertak Hanyar, Kecamatan Kertak Hanyar.
Gedung Produksi dan Ruang Pamer Sasirangan merupakan wujud pembangunan di Kabupaten Banjar pada sektor Industri. Guna meningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang berkesinambungan.
"Kami selaku Pimpinan Daerah akan terus mendukung agar tercipta Sasirangan yang bercirikan khas Kabupaten Banjar sekaligus melestarikan seni budaya tersebut yang berakar pada kearifan lokal," kata Bupati Banjar.
Ia berharap melalui gedung ini, kuantitas dan kualitas produk sasirangan meningkat dengan peningkatan inovasi dan kreativitas para perajin hingga mampu menciptakan produk yang diinginkan pasar.
"Misalnya diolah baju daster, baju tidur anak-anak, sarung, peci, ataupun selimut yang motifnya sasirangan, karena kita bangga memakai sasirangan," ungkap Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar tersebut.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryanati melalui gedung ini, menyampikan dapat memfasilitasi pengrajin sasirangan yang tidak memiliki kios maupun toko.
"Pada gedung ini, selain dapat memamerkan produk sasirangan oleh para pengrajin, tempat ini juga mengedukasi para pengunjung proses produksi sasirangan dari awal hingga siap dijual," jelasnya.
I Gusti Made Suryanati menambahkan edukasi produksi sasirangan tersebut akan dilakukan oleh 40 pengrajin sasirangan melalui paguyuban Barakat Cangkal di Kertak Hanyar secara bergantian setiap harinya.
Ia juga menyampaikan Kabupaten Banjar telah mendaftarkan sasirangan motif Intan yang telah diakui oleh Kementerian Hukum dan HAM dan mendapatkan sertifikat Hak Cipta.
Gedung Produksi dan Ruang Pamer Sasirangan tersebut diresmikan secara simbolis dengan pemotongan untaian bunga melati oleh Ketua Dekranasda Hj Raudathul Wardiyah, didampingi Bupati Banjar H Khaliurrahman, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryanati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banjar I Gusti Nyoman Yudiana. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: