Polda Kalsel Kerahkan Ribuan Pasukan Pengamanan Haul ke-15 Guru Sekumpul

Share it:

Martapura, InfoPublik - Polda Kalimantan Selatan beserta sejumlah Polres jajaran dan instansi terkait melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Haul ke-15 Guru Sekumpul, di Alun-Alun Ratu Zalecha, Martapura, Selasa (25/02/2020) pagi.

Kegiatan apel gelar pasukan pengamanan Haul ke-15 Guru Sekumpul tersebut dipimpin oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Banjar H. Khalilurrahman, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed, Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo, Ketua DPRD Kabupaten Banjar M. Rofiqi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Aspihani, Kepala SKPD lingkup Kabupaten Banjar serta diikuti ratusan aparat gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Satpol PP Banjar, PMI, dan Relawan Haul Guru Sekumpul ke-15.

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin membacakan amanat mewakili Kapolda Kalsel Irjen. Pol. Drs. H. Yazid Fanani mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya.

“Pengamanan ini merupakan kegiatan keagamaan yang bertempat di Kelurahan Sekumpul Kecamatan Martapura, adapun pengamanan yang akan digunakan yaitu pengamanan terbuka dan tertutup, mengingat tamu atau jamaah yang akan mengikuti kegiatan haul tersebut diperkirakan mencapai dua juta orang lebih,” ucapnya.

Wakapolda Kalsel berharap kepada seluruh personel Polri, TNI, instansti terkait dan relawan masyarakat yang terlibat memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar terhadap jalannya seluruh rangkaian kegiatan.

“Mengingat bahwa pentingnya pengamanan kegiatan Haul Guru Sekumpul ini, maka sudah sepatutnya selaku tuan rumah dan sekaligus sebagai penanggung jawab keamanan kita harus mampu menjaga stabilitas keamanan sehingga berbagai potensi kerawanan dapat di antisipasi serta tangani secara cepat dan tepat,” ujarnya.

Bupati Banjar H. Khalilurrahman menginstruksikan kesiapan untuk menyikapi masyarakat yang akan datang diperkirakan hampir dua juta orang.

“Perlu pengamanan ekstra ketat karena mengingat masyarakat yang akan datang lebih banyak dari tahun sebelumnya,” ujarnya

Adapun petugas yang dikerahkan oleh Kapolda dalam rangka pengamanan Haul nantinya sekitar 25.334 personil gabungan TNI-Polri, instansi terkait, serta para masyarakat relawan Haul Abah Guru Sekumpul. Pengamanan itu nantinya juga akan dilangsungkan selama 3 hari, mulai tanggal 29 Februari hingga 2 Maret 2020. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rzq/Mey)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: