Wakil Presiden Buka Festival Jelajah Nusantara, Pameran Artefak Rasulullah

Share it:

InfoPublik,  Serang - Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka festival Jelajah Nusantara pameran artefak peninggalan Rasulullah dan para sahabatnya di Museum Purbakala Kesultanan Banten, Kota Serang, Banten. Minggu (16/2/2020).

Festival Jelajah Nusantara rencananya akan berkeliling di 18 daerah yang ada di Indonesia. Setelah dipamerkan selama tiga hari di Banten,  artevak tersebut akan diboyong ke Martapura Kabupaten Banjar, dan mulai dipamerkan pada 25 Februari hingga 15 Maret 2020.

"Pameran artevak seperti ini bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat, agar lebih mengenal dan mencintai Rasulullah dan para sahabat," kata Ma,'ruf Amin,  saat membuka festival.

Masyarakat ujarnya bisa mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat bisa lebih mengenal kepada Baginda Rasulullah melalui benda-benda peninggalan Nabi.
Jelajah Nusantara pameran artefak ini atas kerjasama antara PBNU dengan Galeri Warisan Museum Artefak Rasulullah (Galeri Warisan MAR) milik Abdul Manan Gembong.
Ma'ruf berujar artefak-artefak ini telah teruji kebenarannya karena telah bersertifikasi Saudi Commision for Tourism dan National Heritage. 

Dia berharap Indonesia bisa mengembangkan wisata halal,  wisata religi. Indonesia mesti menjadi produsen halal terbesar di dunia. Salah satunya dengan adanya pameran artevak.

Ketua Panitia Jelajah Nusantara Pameran Artefak Rasulullah SAW, Arif Rahmansyah Marbun mengungkapkan setelah dibuka oleh Wapres di Banten, pameran juga akan digelar di kota-kota lainnya. Nantinya, akan ada 18 kota di Indonesia yang disinggahi untuk memamerkan artefak Rasulullah SAW tersebut.

Sedangkan Gubernur Banten Wahidin Halim , ingin menjadikan Banten sebagai pusat wisata religi.  “Banten bisa menjadi ikon budaya Islam. Kita kembalikan era kejayaan sebagai pusat budaya, pusat kajian seperti di masa lalu,” kata Wahidin.

Dikatakan bahwa saat ini tak kurang dari 9 juta orang datang ziarah ke banten. 

Sementara Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Banjar Nuryadi dan Bendahara PCNU Banjar,  Muhammad juga tampak hadir menyaksikan pembukaan jelajah nusantara pameran artefak. 

Selain itu Juga berhadir Kepala Dinas Komunikasi,  Informatika,  Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar,  M Aidil Basith, Kabag Protokol,  Jarkawi, Kadis Dinas Penanaman. Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,  Ida Pressy.

PCNU Banjar dan Pemkab Banjar diundang menyaksikan pembukaan Festival Jelajah Nusantara Pameran Artevak Rasulullah dan para sahabat. 
Diharapkan,  bisa mencontoh pelaksanaan pameran yang diselenggarakan di Banten. (MC Kominfo Kab. Banjar/Dani/Agus)


Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: