Disiplin dan Kejujuran Masyarakat Dapat Mengurangi Penyebaran COVID-19

Share it:
Martapura, InfoPublik - Sebagai upaya menekan penularan Covid-19 atau virus Corona yang saat ini dinyatakan pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO, masyarakat diminta disiplin jalankan protokol kesehatan, terutama yang beraktivitas di tempat umum.

Tim Gusus Tugas Covid-19 merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar. Berdasarkan data yang masuk pada Sabtu (18/4/2020) pukul 14.00 WITA di Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Martapura.

Adapun jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 74 orang dan ada penambahan 1 Orang pada Kasus Terkonfirmasi (Positif) menjadi 8 Orang diantaranya 4 dirawat, 3 sembuh dan 1 meninggal.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, HM Hilman Wakil selaku Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 pada Vidcon bersama Jurnalis Banjar. Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Banjar dr Diaduddin, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar HM Aidil Basith sebagai moderator.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman menyampaikan sebagai upaya pencegahan, Tim Gugus Tugas Covid-19 sudah mengupayakan kemungkinan terjadinya transimi lokal di Kabupaten Banjar.

“Ini merupakan tugas berat teman-teman yang ada di gugus depan, dengan melakukan tracking dan riwayat kontak dibantu dengan desa tanggap dan tangguh Covid-19 bekerja melakukan penelurusan,” ucapnya.

Beliau menambahkan, melalui desa tanggap dan tangguh Covid-19 bisa membantu mendata warga yang keluar masuk desa dan memberikan pemantauan terhadap warga yang berstatus ODP. Pemerintah Kabupaten Banjar siap menanggung kebutuhan sembako pada masa karantina.

“Kami sudah menyiapkan tempat untuk warga yang berstatus ODP untuk dikarantina, diantaranya karantina mandiri atau didesa dan di Guest House Sultan Sulaiman, disana akan ditanggung semua kebutuhannya,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 1006 Martapura Letkol Siswo Budiarto mengajak rekan jurnalis untuk dapat menginformasikan situasi terkini secara berimbang dan dapat dipertanggung jawabkan tentang penanganan virus corona di Kabupaten Banjar.

“Kejujuran dari masyarakat yang sangat kami harapkan, yang mana ada riwayat kontak dengan orang yang positif langsung diinfokan kepada pelayanan kesehatan setempat,” ucapnya.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar HM Aidil Basith menuturkan, pihaknya akan lebih gencar lagi melakukan sosialisasi, baik melalui media online, cetak dan tv serta imbauan langsung kemasyarakat.

“Kami akan tingkatkan kesiapan untuk sosialisasi kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Banjar terkait perkembangan Covid-19 dan langkah-langkah pemerintah terkait penanganan dan pencegahannya,” tuturnya. (MC Kominfo Banjar/Rzq/Ags)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: