Tekan Kasus COVID-19, Masyarakat Harus Disiplin Jalani Protokol Kesehatan

Share it:
Martapura, InfoPublik - Sebagai upaya menekan penularan COVID-19  atau virus Corona yang saat ini dinyatakan pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, masyarakat diminta disiplin jalankan protokol kesehatan, terutama yang beraktivitas di tempat umum.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman yang tidak bosan-bosannya untuk mengingatkan kepada masyarakat pada Konferensi Pers (Vidcon) di Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Rabu (15/4/2020).

“Salah satu kunci penting penanganan COVID-19 adalah dukungan seluruh masyarakat terhadap upaya pemerintah terkait imbauan protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, disipilin physical distancing dan social distancing, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” jelas Sekda Banjar.

Ia juga menyampaikan di tengah wabah penyebaran pandemi virus Corona yang mulai dirasakan dampak ekonomi oleh masyarakat kecil, Pemerintah Kabupaten Banjar telah menganggarkan bantuan jaring pengaman sosial. 

“Selain memfokuskan pada bidang kesehatan, bantuan jaring pengaman sosial juga kita lakukan yang merupakan bantuan berupa pangan sebagai bekal dalam kebutuhan sehari-hari kepada warga yang benar-benar membutuhkan, yang mana Pemerintah Banjar telah mengkoordinasikan dengan camat-camat yang mendiskusikan ke desa-desa agar terdata, hal tersebut agar tidak terjadi tumpang tindih dengan bantuan pusat maupun provinsi,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 1006 Martapura Letkol Siswo Budiarto mengajak rekan jurnalis untuk  dapat menginformasikan situasi terkini secara berimbang dan dapat dipertanggung jawabkan tentang penanganan virus corona di Kabupaten Banjar.

“Karena situasi bersifat dinamis dan bisa dievaluasi di masa mendatang,” ungkapnya. 

Serta tak lupa, Dandim 1006 Martapura mengimbau mengedukasi masyarakat tentang  protokol pemakaman pasien positif corona dengan harapan  masyarakat bisa paham dan tidak mengahalangi proses pemakaman.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dr Diauddin dalam laporannya mengatakan bahwa data terbaru Tim Gugus Tugas Tanggap Darurat Covid 19  Kabupaten Banjar hari ini pukul 14.00 Wita bahwa Orang Dalam Pemantauan 78, kasus terkonfirmasi positif masih 4 orang.

“Sementara itu, kontak erat beresiko tinggi 33, sembuh 1 orang dan meninggal 1 orang serta orang yang melapor berjumlah 8, trend ini menunjukan tidak signifikan yang diharapkan terus ada perbaikan status dari perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar dan kita terus berupaya bekerja dengan maksimal dalam penuntasan penyebaran Covid-19 dengan dukungan masyarakat mentaati arahan pemerintah,” ucapnya.

Dia juga menambahkan pihaknya saat ini telah menganggarkan alat rapid test corona virus sebanyak 7 ribu buah.

Pada Konferensi Pers (Vidcon) bersama jurnalis Banjar tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Aidil Basith. (MC Kominfo Kab. Banjar/Fuad/Prs)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: