PSBB Kabupaten Banjar Menunggu Verifikasi Kementerian Kesehatan

Share it:
Martapura, InfoPublik - Sekda Banjar HM Hilman didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Diauddin kembali menggelar vidcon informasi perkembangan dan penanggulangan covid-19 Kabupaten Banjar di Command Center Barokah, Jum'at, (8/6/2020). Turut hadir Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Banjar Eddy Elminsyah Jaya sebagai moderator vidcon.

Update terkini sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar pukul 14.30 Wita yaitu 285 ODP (209 orang sudah selesai masa karantina, sehingga tersisa ODP 76 orang), ada 9 orang PDP, serta 19 orang positif ( 11 orang dirawat, 6 orang sembuh, 2 orang meninggal), dan 128 orang yang kontak erat dengan pasien positif.

Sekda Banjar HM Hilman mengatakan perkembangan usulan pelaksanaan PSBB yang sudah difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi untuk Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Batola. Pemkab Banjar masih menunggu verifikasi dari Menteri Kesehatan, dengan konfirmasi paling lama 3 hari dari surat usulan PSBB, apakah dilaksanakan atau tidak PSBB dari usulan yang disampaikan.

"Kita tunggu terkait dengan pelaksanaan PSBB di Kabupaten Banjar, mungkin hari Minggu atau paling lambat hari Senin informasi terkait dengan pelaksanaan PSBB ditetapkan oleh Menteri Kesehatan, dan terkait tentang persiapan kita tetap terus jalan karena kita juga berpacu dengan waktu,” ungkap Sekda.

Sekda Banjar mengungkapkan harapannya awal, pada saat hari raya Idul Fitri kita sudah selesai melaksanakan PSBB, tapi dengan kondisi sekarang sudah hari ke-15 Ramadhan.

“Jadi sepertinya kita terlewat hari raya Idul Fitri, akan tetapi kita ingin cepat, jadi begitu surat keputusan itu diterima tentang pelaksanaan, kita langsung koordinasi dengan Kabupaten Kota tetangga dengan fasilitasi Provinsi karena memang tujuan PSBB tiga daerah ini sebagai penyangga Kota Banjarmasin yang sudah melaksanakan PSBB dan saat ini diperpanjang," ucap Sekda.

Ia berharap pelaksanaan PSBB nanti bisa serentak. Persiapan-persiapan pun terus berjalan dan dilaksanakan salah satunya adalah mulai mendistribusikan Jaring Pengaman Sosial kepada masyarakat.

Sementara itu Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan terkait tentang kesiapan pengamanan dalam rangka PSBB disampaikan bahwa untuk pos pemantauan perbatasan sudah selesai, ada 12 titik. 3 titik merupakan gabungan berbatasan dengan Banjarbaru, kemudian 5 titik adalah Wilayah Banjarbaru dan 4 titik adalah wilayah Kabupaten Banjar.

Terkait dengan prosedur sudah diajukan, untuk pengamanan atau SOP nya di pos pengamanan atau pos pemantauan perbatasan, untuk pengamanan pada jaring sosial dan pengamanan dalam pelaksanaan didalam yaitu untuk menjaga ketertiban masyarakat.

“Harapannya pada saat pelaksanaan PSBB masyarakat untuk tetap dan tinggal dirumah, karena dari Pemerintah Daerah sudah memberikan bantuan sembako ataupun bantuan lainnya dalam relokasi anggaran dalam rangka memenuhi kehidupan dasar masyarakat selama kurun waktu tertentu,” ucap Dandim.

Ia menambahkan keberhasilan PSBB ini adalah kedisiplinan bersama bukan hanya kedisiplinan para aparat maupun kedisiplinan dari gugus tugas, tetapi yang dibutuhkan adalah kedisiplinan dari masyarakat seluruhnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Diauddin mengatakan di Kabupaten Banjar positif naik menjadi 19 orang dengan jumlah 11 orang yang masih positif dirawat, dan 6 orang yang sudah sembuh dengan tambahan satu orang, serta penambahan satu orang juga yang meninggal. (MC Kominfo Kab. Banjar/Zidan/Prs).
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: