Pemkab Banjar Benahi dan Evaluasi Penanganan Covid-19

Share it:

Rapat Koordinasi Mingguan Pemerintah Kabupaten Banjar kembali dilaksanakan di Mahligai Sultan Adam Martapura, Senin (22/06/2020).

Rapat Koordinasi ini diantaranya membahas mengenai perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Banjar, sistem belajar siswa saat pandemi Covid-19 dan strategi penyelesaian  permasalahan sampah dan kebersihan.

Sekda Banjar H. M. Hilman dalam arahannya mengatakan terkait percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Banjar ada 3 hal yang dilakukan.

"Ada 3 hal yang Kita lakukan terkait percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Banjar yang pertama terkait penanganan kesehatan, yang kedua terkait jaring pengaman sosial dan yang ketiga terkait pemberdayaan ekonomi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, dr. Diauddin menjelaskan kondisi terkini terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Banjar, beliau mengatakan Total kasus saat ini 270 kasus, sembuh 40 orang, meninggal 14 orang dan PDP 33 orang.

"Kecamatan yang belum ada datanya artinya masih 0 ada tiga kecamatan, yaitu Telaga Bauntung, Sambung Makmur dan Paramasan, cuma tiga Kecamatan itu kasusnya 0 sampai saat ini, kalau Kecamatan lainnya sudah ada kasus positif,” ujarnya.

"Secara teoritis, kecepatan penularan dengan kemampuan kita dalam melakukan pemeriksaan kita ketinggalan, jadi sangat dimaklumi bukan karena kegagalan dalam artian kegagalan ini merupakan kegagalan seluruh dunia sebetulnya, di seluruh dunia terjadi peningkatan, karena kemampuan kita dalam memisahkan pasien positif kalah dengan kecepatan penularan kasus ini, satu-satunya jalan memang Lock Down total semua WFH di rumah masing-masing selama 14 hari, tapi sepertinya itu tidak mungkin melihat situasi masyarakat saat ini," jelas dr. Diauddin.

Sejak dikeluarkannya status siaga di Kabupaten Banjar, PD Pasar Bauntung Batuah Kabupaten Banjar telah membentuk tim Internal dan telah melakukan penyemprotan di area pasar, melakukan sosialisasi memakai masker, himbauan menjaga jarak di Pasar dan menyediakan tempat cuci tangan.

Saat ini RSUD Ratu Zalecha sedang proses menyiapkan Ruang operasi khusus untuk pasien Covid-19 dan dalam proses pembenahan SOP untuk pasien Covid-19 akan ditinjau kembali untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Rapat Koordinasi mingguan ini dipimpin oleh Sekda Banjar H. M. Hilman, hadir pula Bupati Banjar H. Khaliliurrahman, para Asisten dan Staf ahli Bupati Banjar, Para Kepala SKPD Banjar dan Direktur perusahaan Daerah Kabupaten Banjar. (MC. KOminfo Kab. Banjar/Rif'ah/Mey)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: