Lahan Semak Belukar di Sungai Tabuk Dekat Pemukiman Warga Terbakar

Share it:


Martapura, InfoPublik – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Kabupaten Banjar, tepatnya di belakang Kantor Urusan Agama (KUA) Sungai Tabuk, Selasa (25/8/2020) sore menghebohkan warga setempat.

Pasalnya, api melahap lahan yang sebagian besar berupa semak belukar.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Banjar, HM Irwan Kumar mengatakan, total luas lahan yang terbakar mencapai kurang lebih 1.500 m². Beruntung, lahan yang terbakar hanya berupa lahan kosong dan tak sampai menyentuh permukiman warga.

“Untungnya berkat kesiapsiagaan petugas pemadam, api dengan cepat dipadamkan,” ujarnya.

Hingga kini, tambah Kumar, petugas masih melakukan pendataan di lapangan, termasuk mencari penyebab kebakaran lahan tersebut.

Kebakaran lahan di Sungai Tabuk juga sudah terpantau dari Satelit Lapan yang menjadi salah satu monitoring titik api di Kabupaten Banjar. Selain itu juga laporan dari rekanan dan warga.

Sekadar informasi, selain Kecamatan Sungai Tabuk, Kecamatan Astambul, Kecamatan Aranio, dan Kecamatan Simpang Empat juga menjadi daerah rawan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Banjar berdasarkan data BPBD Kabupaten Banjar. (MC Kab. Banjar/Sai/Yud)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: