Pemprov Kalsel Laksanakan Rakor Penerapan Perda Penegakan Disiplin Prokes Kabupaten Kota

Share it:


Martapura, InfoPublik – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Penanganan dan Pengendalian Covid-19 bersama Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Selatan secara virtual.

Rakor tersebut dipimpin oleh Plh Sekda Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel HM Muslim Roy.

Diikuti Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Sekda Banjar HM Hilman, Kepala Dinas Kesehatan Diauddin dan Kalak BPBD Irwan Kumar di Command Center Barokah Martapura, Senin (21/9/2020) siang.

Plh Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar menyampaikan, situasi penyebaran Covid-19 yang sudah menjangkau seluruh wilayah Kalsel, perlu langkah percepatan penanggulan Covid-19 secara serentak.

“Dengan itu maka dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) yang akan mengatur penegakan disiplin protokol kesehatan agar dapat menekan bertambahnya kasus baru dan mengurangi angka kematian serendah-rendahnya,”kata dia.

Ia mengatakan Perda tersebut akan mengatur penerapan disiplin protokol kesehatan dan melaksanakan operasi yustisi di seluruh Kabupaten dan Kota. Pelaksanaan Operasi Yustisi tersebut akan melibatkan TNI, Polri dan Satpol PP.

"Sebelumnya telah dibuat Pergub dan akan ditingkatkan menjadi Perda, sehingga penerapan yustisi tersebut dapat dilaksanakan di seluruh Kalimantan Selatan,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan, bahwa di Kabupaten Banjar sendiri kasus Covid-19 sudah mulai menurun.

Dan di beberapa kecamatan sudah menurun statusnya dari zona merah menjadi kuning dan beberapa daerah sudah dinyatakan sebagai zona hijau atau dinyatakan bebas dari Covid-19. 

"Selain melaksanakan Swab tes secara massal, Pemkab Banjar juga rutin melaksanakan program gebrak masker atau pembagian masker sekaligus penyuluhan secara langsung dan nantinya dengan adanya Perda yang mengatur penerapan disiplin protokol kesehatan dapat menekan lagi kasus Covid-19,” tutur dia. (MC Kab.Banjar/Faidillah/agusoke/mey)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: