Martapura, infoPublik- Sebanyak 86 orang tenaga kesehatan di Kabupaten Banjar bersaing untuk memperoleh gelar sebagai Tenaga Kesehatan Teladan Tahun 2017. Penilaian dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar bersama-sama dengan sejumlah organisasi profesi kesehatan di daerah tersebut.
Selama dua hari kemarin, ke 86 orang tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter 13 orang, perawat 20 orang, bidan 19 orang, gizi 6 orang, farmasi 8 orang, kesehatan lingkungan 5 orang, analis 9 orang dan kesehatan masyarakat 5 orang tersebut mengikuti sesi wawancara Selain melakukan wawancara kepada para tenaga kesehatan, tim penilai juga melakukan peninjauan secara langsung ke tempat kerja mereka
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, M.kes berharap, nantinya akan terpilih tenaga kesehatan yang betul-betul bisa menjadi teladan bagi rekan-rekannya.  “Semoga dengan adanya penilaian tenaga kesehatan teladan ini, dapat lebih memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi. Semoga tenaga kesehatan yang terpilih sebagai juara di tingkat kabupaten dapat juara ditingkat provinsi bahkan sampai nasional,” harap beliau, kemarin di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.
Tim penilai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar serta organisasi profesi seperti IDI, IBI, PPNI, Patelki, PAFI, pada tanggal 20 april 2017 telah menggelar rapat untuk menentukan juara 1, 2 dan 3 tenaga kesehatan teladan dari 9 kategori yakni dokter umum teladan, dokter gigi teladan, perawat teladan, bidan teladan, kesehatan gizi teladan, tenaga kesling teladan, asisten apoteker teladan, labkes teladan dan tenaga promosi kesehgatan. Dari kesemuanya, mereka yang terpilih sebagai juara 1 masing-masing kategori akan dikirim untuk mengikuti penilaian tingkat provinsi Kalimantan Selatan.
Ketua Organisasi PAFI Kabupaten Banjar Yulian Noor yang turut dalam melakukan penilaian menyatakan bahwa seleksi tersebut tentu akan menjadi motivasi bagi tenaga kesehtatan dalam meningkatkan kinerjanya.  Hal yang sama juga disampaikan Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Banjar Hj Gunawati bahwa seleksi tersebut akan membantu dalam meningkatkan kinerja organisasi juga membantu meningkatkan pelayanan KIA/KB oleh para bidan.  
“Luar biasa sekali semangat yang ditunjukkan oleh tim dinkes yang telah bersusah payah memilih wakil-wakil tenaga kesehatan dari setiap puskesmas dari daerah sangat terpencil hingga di kota dan mengupayakan memilih yang terbaik dari yang baik-baik” timpal  Ketua Patelki Kabupaten Banjar,  M. Hurmadani, SKM diaminkan oleh Ketua DPD PPNI Kabupaten Banjar Raziansyah, S. KP. M.Kes. (MC-Banjar/asmuri/dani/eyv)