DP2KBP3A Bekali Kader Pengetahuan KB

Share it:
Martapura, infoPublik –  Upaya pengendalian penduduk terutama di perdesaan kian intens dilakukan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal pengetahuan kepada Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub-PPKBD tentang cara pembinaan keluarga berencana.
Kegiatan pembekalan pada para kader desa tersebut digelar beberapa hari lalu di Aula Barakat Kantor Pemerintah Kabupaten Banjar.  Sedikitnya 290 PPKBD dan sub-PPKBD dari seluruh kecamatan hadir mengikuti pembekalan yang dibuka oleh Assisten I Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Banjar Dr. I Gusti Nyoman Yudiana, M.Si mewakili Bupati Banjar H Khalillurahman.
Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Banjar sangat mengapresiasi dilaksanakannya Orientasi/Diseminasi Program KKBPK bagi kader PPKBD dan Sub PPKBD se-Kabupaten Banjar tahun 2017.
Berdasarkan Undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, dalam Bab 10 pasal 58, disebutkan bahwa setiap penduduk mempunyai kesempatan untuk berperan serta dalam pengelolaan kependudukan dan pembangunan keluarga.
“Karena itu pemerintah daerah melalui DP2KBP3A Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan untuk meningkatkan keberhasilan Program KKBPK dan peran serta serta masyarakat untuk menumbuhkan, membina, dan mengembangkan peran kader PPKBD. Sehingga para kader bisa membina kelompok BKB, BKR, BKL dan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera, serta mandiri,” ujar Yudiana.
Pelaksanaan Program KKBPK di desa/kelurahan, lanjut dia, tidak mungkin dilaksanakan sepenuhnya oleh Penyuluh KB, karena itu beliau berharap dukungan dan peran serta para kader PPKB dan Sub PPKBD dalam membina desa/kelurahan semakin ditingkatkan.
Sementara Kepala Bidang Pengendalian Penduduk DP2KBP3A Kabupaten Banjar, Drs Zainal Mutaqqin, MM menjelaskan, kegiatan orientasi diikuti oleh 290 orang yang terdiri dari PPKBD/Sub PPKBD dan kader se-Kabupaten Banjar. 
Sedangkan tujuan kegiatan tersebut yakni agar pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana (KKB) Nasional sukses sehingga  diperlukan para PPKBD dan sub-PPKBD di tingkat dusun atau RW yang aktif dan bertanggung jawab.
“Mereka diharapkan mampu melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelayanan KB dan KS, membina kelompok kegiatan, mencatat dan melaporkan kegiatan yang dilakukan secara rutin,” ungkapnya.
Adapun materi yang disampaikan antara lain tentang Kelembagaan, Program KKBPK dan Pengendalian Kualitas Penduduk dan Pembangunan Keluarga yang disampaikan oleh Kabid Dalduk, Drs. Zainal Mutaqqin, MM.
Dilanjutkan materi kedua yang disampaikan oleh Kasi KIE, Agus Suprantio, M.P.H tentang Pengelolaan IMP dan Poktan. Sedangkan Metode Kontrasepsi yang disampaikan oleh Kabid KB dan KS DP2KBP3A Kabupaten Banjar.(MC-Kab.Banjar/aulia/dani/Kus)

Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: