Shane Mengaku Sudah 20 Tahun Minum Air Hujan

Share it:
Martapura, InfoPublik – Shane Elson, seorang insinyur asal Queensland, Australia, mengatakan bahwa air hujan itu cukup bersih dan sehat asal dikelola dengan baik, seperti sistem yang dibangunnya.
“Buktinya saya sudah 20 tahun lebih minum air hujan, tidak apa-apa,” ujarnya saat berbincang dengan Sekda Kabupaten Banjar H Nasrunsyah, Asisten III Setda Banjar Wildan Amin, Kepala Dinas Kominfostandi HM Farid Soufian, dan Kepala Dishub Kabupaten Banjar H Aidil Bassith, di Kantor Dinas Kominfistandi, pekan lalu .
Shane Elson, merupakan salah seorang yang memanfaatkan air hujan untuk keperluan sehari-hari. Pria yang sejak beberapa tahun ini mendedikasikan pemanfaatan air hujan sebagai air bersih di sejumlah daerah di Kabupaten Banjar ini, mengaku sudah lebih 20 tahun meminum air hujan.
Shane bersama dengan Yayasan Kaganangan Banua, mengaku sudah memasang instalasi pemanfaatan air hujan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Banjar. Dia menyatakan, instalasi tersebut sangat bermanfaat dan mendapat sambutan baik oleh warga.
“Kita sudah memasang sekitar 50 unit instalasi sistem fist flush di sejumlah desa di Kabupaten Banjar, seperti di Kecamatan Aluh-Aluh dan Simpang Empat,” jelasnya.
Dijelaskan, instalasi pengolahan air hujan menjadi air bersih ini menggunakan rangkaian tandon air dengan tong plastik. Pada sistem fist flush, air hujan pertama yang masih kotor karena banyak membawa polutan, akan disalurkan ke dalam tong plastik.
Setelah beberapa saat tong plastik tersebut penuh, maka dengan sendirinya air hujan yang lebih bersih akan masuk ke tandon pelastik yang diletakkan lebih jauh dari talang air.
Disebutkan bahwa air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Selain untuk minum, air juga digunakan manusia untuk mandi, mencuci, mengairi sawah dan lainnnya.
Namun tidak semua manusia bisa dengan mudah memperoleh air untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sebagian harus bersusah payah, bahkan ada yang harus berjalan jauh untuk memperoleh air bersih.
Sementara sumber air bersih pun cukup beragam, ada yang berasal dari air permukaan seperti danau, sungai, laut, ada pula yang berasal dari air tanah seperti air sumur, dan ada pula yang berasal dari air hujan.  Tinggal bagaimana masyarakat mampu memanfaatkan sumber daya tersebut dengan baik dan bijaksana.
Salah seorang yang memanfaatkan air hujan untuk keperluan sehari-hari adalah  Shane Elson, seorang insinyur asal Queensland, Australia.
Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Nasrunsyah mengapresiasi upaya Shane dan Yayasan Kaganangan Banua untuk membantu penyediaan air bersih masyarakat dengan memanfaatkan air hujan.
Nasrunsyah hanya mewanti-wanti agar air hujan tersebut  benar-benar diuji kandungannya apakah memang sudah sesuai dengan keperluan tubuh manusia.
Sekda juga menjelaskan tentang adanya anggapan di sebagian masyarakat bahwa meminum air hujan tidak baik dan menimbulkan sakit. “Kita tidak bisa memungkiri tentang adanya anggapan seperti itu,”ujarnya, seraya meminta Shane untuk bisa memberikan pemaparan yang lebih rinci dan teknis di hadapan SOPD terkait. (MC-Kab.Banjar/dani)
Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: