Wanita Tani Berlatih Buat Pupuk Organik

Share it:
Martapura, infoPublik – Memiliki keterampilan tak mesti didominasi oleh kaum pria, para wanita pun memiliki hak yang sama. Begitu pula dengan para wanita di perdesaan, punya keinginan besar untuk maju dan memiliki keterampilan.
Salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar Kamis (13/7).  Bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar pelatihan bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Kiram Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Banjar, Ir Eddy Hasby, MP, pelatihan kelompok wanita tani tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam memanfaatkan limbah ternak menjadi sesuatu yang berguna.
Keterampilan tersebut nantinya ujar Eddy Hasby, diharapkan agar para wanita yang tergabung dalam kelompok tani tersebut, mampu memberikan  bantuan kepada para suami dalam peningkatan usaha pertanian keluarga mereka.
Pada kegiatan yang dilaksanakan kemarin, para ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Sehati, tampak tak canggung memegang peralatan seperti sekop dan pacul,  dalam mengolah kotoran ternak menjadi pupuk organik.
Dipandu oleh salah seorang Dosen Fakultas Pertanian ULMIr Elly Liestiyani Hasby, para ibu mencampur dedaunan kering serta limbah rumah tangga dengan kotorana  ternak.
“Kita melatih mereka agar nantinya para ibu ini memiliki keterampilan dan cakap dalam memanfaatkan limbah rumah tangga,” jelas Elly.
Selain itu lanjut dia, para ibu ini akan terbiasa dalam memanfaatkan limbah serta pekarangan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi keluarga dan masyarakat. (MC-Kab.Banjar/atoq/dani/hendy)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: