Lomba Unik, Gali Parit Bikin Galangan

Share it:
Martapura, infoPublik - Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar atau tepatnya di daerah yang diberi nama oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Alam Roh 8, menggelar perlombaan unik, yakni gali parit bikin galangan.
Perlombaan dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-67 dan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-67, dilaksanakan, di sawah atau yang biasa disebut masyarakat setempat dengan pahumaan.
Dalam lomba ini, sebanyak 17 peserta berlomba membuat galangan atau lubang besar. “Lubang yang ditinggalkan nantinya digunakan untuk keperluan lain,’’ beber Kepala Desa Sungai Batang, Muhammad Aspi, beberapa waktu lalu.
Dikatakannya, lubang hasil galian peserta sebanyak 17 buah akan ditanami pepohonan. Sehingga bermanfaat untuk kekerasan tanah. “Lubang itu juga dijadikan tanggul untuk menahan banjir. Dan juga bisa ditanami pepohonan seperti mangga atau jeruk. Sehingga perlombaan kita ada maknanya, tidak sekedar perlombaan aja,’’ tuturnya.
Selain itu juga, Aspi menyebut penanaman pohon tersebut merupakan sumbangan penduduk Sungai Batang dalam rangka mensukseskan program revolusi hijau gubernur serta bupati Banjar.
Terlebih, menurutnya, gubernur seringkali datang ke tempat tersebut. “Sebagaimana pesannya, kalau masyarakat mau menang biarpun satu batang pohon itu akan berguna bagi masyarakat lain. Nah inilah peran kami mendukung program tersebut. Masa tempat yang sering dikunjungi Gubernur tidak hijau. Biarpun nantinya cuma 17 batang sudah lumayan ada manfaat buat masyarakat luas,’’ ungkapnya.
Aspi menyebutkan selama ini kawasan tersebut cukup sering terkena banjir, sehingga perlu adanya upaya melakukan pencegahan. Salah satunya adalah dengan membuat kanal atau lubang.
“Sangat diperlukan lubang-lubang atau kanal mencegah banjir dan juga kekeringan. Makanya hasil lomba ini nantinya bisa digunakan menjadi kanal menahan banjir dan kekeringan. Insya Allah tahun depan dilanjutkan lagi sehingga kanalnya semakin panjang dan lebih bermanfaat lagi,’’ harapnya. (MC-Kab.Banjar/KP/dani/toeb)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: