Banjar Bentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)

Share it:
Martapura,  infoPublik - Sebanyak 5 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kembali terbentuk di Kabupaten Banjar.  Pembentukan KIM bersamaan dengan acara sosialisasi KIM oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Kabupaten Banjar, Rabu (27/9) di aula Kesbangpol Banjar di Martapura.
Kelima kelompok informasi masyarakat yang kemarin terbentuk berasal dari lima kecamatan yakni Kecamatan Gambut. Kecamatan Sungai Tabuk,  Beruntung Baru,  Kertak Hanyar dan Kecamatan Tatah Makmur. Dengan dibentuknya lima KIM tersebut, berarti sudah terbentuk sebanyak 25 kelompok informasi masyarakat di Kabupaten Banjar yang dibina oleh Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar.
Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar DR. Ir HM Farid Soufian, MS saat membuka sosialisasi menjelaskan, sosialisasi dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang memiliki usaha untuk bisa maju dan berkembang dengan pemanfaatan teknologi informatika.
"Kalo orang Jawa bilang, kita mesti melek atau paham. Banyak media yang bisa dipakai sebagai sarana promosi usaha,  baik berbentuk website atau memanfaatkan media sosial, " ujar farid,  di hadapan peserta sosialisasi.
Peserta sosialisasi kelompok informasi masyarakat diikuti oleh mereka yang memiliki usaha rumahan.  Ada yang berusaha membuat cemilan seperti kacang goreng, ada juga pembuat panganan khas Banjar berupa tapai ketan,  ada yang memproduksi kue bingka dan  ada yang memproduksi kain khas Kalimantan yakni sasirangan.
Farid soufian berharap para peserta sosialisasi nantinya bisa lebih mengembangkan usaha mereka sehingga dikenal tak hanya di daerah namun juga bisa sampai ke luar daerah. "Kami dari Dinas Kominfo  siap membina bapak dan ibu sekalian,  namun keinginan untuk maju tentu berasal dari bapak dan ibu sendiri, " ujarnya.
Sementara Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Cornelius Kristiyanto, S. SI.M.SI yang juga ketua pelaksana sosialisasi  menyebutkan, peserta sosialisasi sebanyak 50 orang yang berasal dari lima kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar. 
Sedangkan pemateri yakni Kepala Bidang Kominfo Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Heru Pitaya, SIP. MT menjelaskan tentang pengertian kelompok informasi masyarakat serta apa saja manfaatnya. Pemateri lainnya, Drs Koeswiyatmoko memaparkan seputar cara membangun sebuah toko online yang bisa dimanfaatkan kelompok informasi masyarakat untuk mengembangkan usaha. (MC-Kab.Banjar/dani)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: