Martapura, InfoPublik – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah, M. Kes mengajak masyarakat di Kecamatan Tatah Makmur untuk mencegah penyakit dengan membiasakan hidup sehat. Hal ini dikemukakan oleh Ikhwansyah,  saat menghadiri Lokakarya Mini di Puskesmas Tatah Makmur, pada akhir pekan yang lalu.
Ikhwansyah juga meminta agar pelayanan kesehatan di puskesmas serta di desa-desa bisa lebih baik. “Mari kita berikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat di sini,” ujarnya, dihadapan para petugas kesehatan serta para kepala desa se Kecamatan Tatah Makmur.
Sementara Kepala UPT Puskesmas Tatah Makmur, Husni Nafarin. SKM  menjelaskan, sebagian besar penyakit di Kabupaten Banjar termasuk di Kecamatan Tatah Makmur adalah penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes, jantung dan lain – lain yang seharusnya bisa dicegah dengan gaya hidup sehat.
“Beberapa hal sederhana yang bisa mencegah penyakit – penyakit tersebut adalah olah raga rutin, tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol dan periksa kesehatan minimal enam bulan sekali,” ujarnya.
Pada Lokakarya Mini di Puskesmas Tatah Makmur mengemuka berbagai diskusi tentang peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat desa.
Seperti yang dikemukakan oleh Pembakal Desa Jaruju Laut, Mursalim tentang penyediaan kelengkapan Polindes di desanya. “Pembangunan Polindes di desa kami sudah hampir selesai, bagaimana nantinya dengan kelengkapannya, apakah bisa dibantu ?,” tanyanya.
Sedangkan Pembakal Desa Pemangkih Darat, Lamina mengemukakan kekhawatiran kelanjutan pelayanan kesehatan yang bersumber dari dana desa, apakah bisa terus berlanjut jika jika dana desa tidak tersedia lagi.
Kabid Perencanaan Dinkes Banjar M Syairoji meminta para kepala desa untuk mempergunakan dana desa bagi sector kesehatan sesuai dengan ketentuan. “Jika memang nanti dana desa tidak ada lagi, pasti ada kebijakan baru,” jelasnya.
Sementara Camat Tatah Makmur mengajak para kepala desa untuk mensosialisasikan kepada warganya untuk senantiasa hidup sehat. “Alhamdulillah, Tatah Makmur juga sudah ada Polindes yang melayani 24 jam,” terangnya.(MC-Kab.Banjar/hasyim/dani/eyv)