Martapura, Infopublik - Sedikitnya 6 ribuan santri dari berbagai TK/TPA dan sekolah di Kabupaten Banjar turut serta memeriahkan pawai atau karnaval perayaan 1 Muharram 1439 Hijriah, di Kota Martapura, Kamis (21/9).
Mengenakan pakaian muslim ala padang pasir lengkap dengan onta, para santri berjalan sambil melambai kepada warga yang menonton termasuk Bupati Banjar Khalilurrahman dan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiyah serta para kepala SKPD di Kabupaten Banjar.
Bupati Khalilurahman membuka pawai yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tersebut. Kegiatan ini juga dimeriahkan tari tradisional Sinoman Hadrah dari Kampung Melayu Martapura dan drum band dari SMA Muhammadiyah Martapura.
Antusias masyarakat sangat besar melihat kegiatan religius tersebut, mereka berbondong-bondong menyaksikannya, di sepanjang jalan yang dilalui oleh para santri.
Sayyid Ali Zainal Abidin Al Qodri dari TK/TPA Al-Qur’an Arraudah Martapura, salah satu santri yang pertama kali mengikutinya mengaku sangat gembira. Sementara Nurmalinawati, salah satu orang tua santri berharap anaknya bisa tahu apa itu tahun baru Islam.
Bupati Khalilurrahman mengatakan, tahun baru hijriah sangat penting diperkenalkan kepada anak-anak agar mereka tahu semangat kebersamaan ummat Islam dan mengenal tahun baru tersebut. “Jangan sampai tahun baru masehi saja yang diperingati meriah,” pesannya.
Guru Khalil demikian bupati sering disapa berharap, agar masyarakat memanfaatkan momentum tahun baru Islam dengan selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan kecintaan kepada Baginda Rasullah SAW dengan menjalankan sunnahnya.
“Agar Kabupaten Banjar lebih dikenal lagi sebagai Kota Serambi Mekkah serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah kita,’’ tambahnya, yang didampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Haris Rifani. (MC Banjar/yani/dani)