Hemodialisa Jadi Unggulan di RSUD Ratu Zalecha

Share it:

Martapura, – Unit hemodialisa atau cuci darah, menjadi pelayanan unggulan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura. Saat ini, unit cuci darah di rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut sudah berjumlah 16 unit.
Keberadaan unit hemodialisa di RSUD Ratu Zalecha tak lepas dari sosok Guru Sekumpul. Menurut Plt Direktur RSUD Ratu Zalecha, Eko Subiyanto, semasa sakit akibat disfungsi ginjal, Guru Sekumpul menjalani cuci darah rutin di rumah sakit menggunakan sebuah alat cuci darah yang dibeli Guru Sekumpul sendiri saat hidup.
Penting keberadaan perangkat hemodialisasi, ujar Eko, almarhum Guru Sekumpul membeli lagi satu unit mesin cuci darah yang kemudian dihibahkan untuk pasien gagal ginjal lain di rumah sakit ini.
“Dari satu unit mesin cuci darah, Beliau (Guru Sekumpul, red) menambah satu lagi unit untuk pelayanan cuci darah pasien lain. Keberadaan unit hemodialisa di Rumah Sakit Ratu Zalecaha ini bentuk dari kepedulian Beliau terhadap umat,” ujar Eko, Senin (06/11)
Sejak itu, kata Eko, unit alat hemodialisa terus ditambah demi optimalisasi pelayanan cuci darah bagi pasien gagal ginjal. Saat ini, sudah ada 16 unit alat cuci darah di RSUD Ratu Zalecha.
“Dengan 16 unit mesin cuci darah, RSUD Ratu Zalecha bahkan menjadi rujukan, dan unit hemodialisa menjadi unit unggulan yang ada untuk melayani pasien cuci darah tak hanya Kabupaten Banjar, tetapi juga Banjarbaru, dan Banjarmasin,” kata Eko Subiyanto. (MC-Kab.Banjar/kanalk/dani/hndy)
Share it:

banjarkab

media

Post A Comment:

0 comments: