Kodim Martapura, Bantu Bangunkan Jamban Warga

Share it:
Martapura, infoPublik - Kodim 1006 Martapura melalui 12 Koramil serentak membantu warga tak mampu membangun jamban sehat di Kabupaten Banjar, Jum’at (9/3).
Program karya bakti jambanisasi Kodim 1006/Mtp dengan mengusung jargon “Melalui Karya Bakti TNI Kita Tingkatkan Lingkungan Bersih dan Sehat Meningkatkan Derajat Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Kemanunggalan TNI bersama Rakyat”.
Program membangun sejuta jamban dicanangkan TNI untuk keluarga Indonesia berlangsung serentak.
Dandim 1006 Martapura Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil SSos menuturkan, pendataan bagi keluarga yang berhak mendapatkan program jamban sehat sudah dilakukan, pelaksanaan secara serentak dilakukan Koramil-Koramil dibawah Kodim 1006 Martapura.
“Dengan adanya pembuatan jamban sehat oleh Kodim Martapura dapat membantu program dan komitmen Pemkab Banjar dalam penghapusan jamban apung guna menjaga kelestarian air sungai tetap bersih dan menjadikan warga hidup sehat, inilah tujuan kita,” ujar Dandim.
Ia berharap keluarga sehat terwujud di Kabupaten Banjar, khususnya bagi keluarga yang terbiasa buang hajat di tempat semestinya tidak layak.
Lismiati (40), ibu 4 anak ini warga desa Padang Panjang, Kecamatan Simpang Empat merasakan rumahnya ada kenyamanan setelah anggota Koramil Kodim Martapura membantu kelu
arganya memfasilitasi pembuatan jamban sehat. “Sangat terbantu, kini membuang hajat tidak jauh lagi,” ujarnya.
Program dari Kodim 1006 Martapura ini, sinergi dengan program yang tengah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar, yakni penghapusan jamban apung. Pemerintah Kabupaten Banjar bersama dengan masyarakat di sepanjang sungai Martapura, memang tengah giat dalam penghapusan jamban apung di sepanjang aliran sungai. Sudah lebih dari 230 buah jamban apung yang dibongkar dan kompensasinya, warga dibangunkan jamban di daratan.
Program tersebut terus dilaksanakan pada tahun 2018 ini, bahkan kickoff pelaksanaan pembongkaran jamban apung telah dimulai oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman, beberapa waktu lalu. (MC-Kab.Banjar/kanalk/dani)

Share it:

banjarkab

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: