Dinkes Banjar Sebar 44 Posko Kesehatan

Share it:
Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menyebar sedikitnya 44 posko kesehatan ke berbagai berbagai titik yang  menjadi jalur perjalanan para jamaah kegiatan haul ke-13 Guru Sekumpul  serta tempat kumpul jamaah haul. Sedangkan petugas kesehatan yang diterjunkan pada acara tersebut sebanyak 350 orang lebih.
Sementara untuk menjaga keamanan makanan yang bakal disajikan kepada para jamaah haul, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar juga melakukan koordinasi dengan panitia haul serta pengolah makanan yang ditugaskan panitia.
Kepala Dinas Kesehatan Ikhwansyah beserta Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat H Rahmatillah dan sejumlah petugas kesehatan, melakukan rapat koordinasi dengan panitia haul di Aula Ar-Raudhah, Sekumpul Martapura, Senin (12/3) malam.
“Kita tidak ingin terjadi kejadian luar biasa (KLB) seperti keracunan makanan, mengingat banyaknya jumlah makanan yang mesti disiapkan dan dibagikan kepada jamaah haul ke-13 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul,” ujar Ikhwansyah.
Untuk itulah lanjut Ikhwansyah, meski haul dilaksanakan tiap tahun pihaknya merasa perlu memberikan arahan kepada dapur pengolah makanan demi terciptanya keamanan pangan untuk jamaah.
Informasi yang diperoleh, sedikitnya 4.400 blek beras akan dimasak untuk menjamu para jamaah haul ulama kharismatik asal Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar tersebut.
Dinas Kesehatan pun nantinya akan melakukan pengambilan sampel makanan yang diolah dari beberapa dapur menjelang pelaksanaan haul. Sampel makanan tersebut akan diuji di laboratorium untuk diketahui apakah aman atau tidak dikonsumsi.
Pada rapat koordinasi kemarin juga diserahkan sejumlah masker, spanduk keamanan pangan, tetes mata dan kotak sampah kepada panitia haul guru sekumpul. (MC-Kab.Banjar/irwan/dani/toeb)
Share it:

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: