200 Hektar Lahan Kritis Ditanami Jengkol dan Kemiri

Share it:
Martapura, infoPublik – Aksi pengurangan lahan kritis dengan mengusung program gerakan menanam hari Kamis (Gamis Hijau) oleh Pemerintah Kabupaten Banjar, selaras dengan gerakan revolusi hijau Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.
Seperti yang dilaksanakan pada Rabu (18/4) dilakukan penanaman ribuan pohon jenis jengkol dan kemiri di lahan kritis seluas 200 hektare di Dusun Luar Desa Tiwingan, Kecamatan Aranio. Kawasan pegunungan yang ditanami tersebut dikelilingi oleh Danau Riam Kanan.
Pada aksi kemarin, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dan Bupati Banjar H Khalilurrahman, tampak memimpin aksi penanaman pohon secara serentak. Aksi juga melibatkan ratusan ASN dari instansi baik di Provinsi Kalimantan Selatan maupun Kabupaten Banjar.
Selain itu juga turut pula berpartisipasi para anggota kepolisian baik dari Polda Kalsel maupun Polres Banjar serta anggota TNI dari Kodim 1006 Martapura dan komunitas pecinta lingkungan.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi meningkatkan kualitas lingkungan melalui aksi penanaman pohon sebagai pendukung Gerakan Revolusi Hijau. “Mari kita selamatkan bumi anugerah Allah ini dengan menjaga dan memeliharanya. Salah satunya adalah dengan cara menanam, menanam dan menanam untuk anak cucu kita,” ujarnya.
Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Dr Hanif Faisol Nurofiq, menjelaskan, berdasarkan data Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung (BPDAS-HL) luas lahan kritis di Kalsel seluas 640.708 ribu hektar. Angka itu menunjukkan kalau daerah Kalsel masih memiliki luas lahan kritis yang sangat besar.
Mengurangi lahan kritis tersebut dilakukan kegiatan penanaman Serentak Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Izin Pinjaman Pakai Kawasan Hutan (LPPKH) seperti yang dilakukan di Dusun Sungai Luar, Desa Tiwingan, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.
Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan akan terus melakukan penanaman pohon dengan mengusung Gamis Hijau. Menrutnya, saat ini masih banyak lahan kritis yang harus segera dihijaukan kembali. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Faris/Dani/Eyv)
Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: