Martapura, InfoPublik – Perhelatan Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 Tingkat Kabupaten Banjar, di Kecamatan Cintapuri Darussalam diawali dengan pawai ta’aruf kafilah dari 20 kecamatan, Jumat (20/4).
Para kafilah yang mengenakan seragam khas saringan berbagai motif tersebut, dilepas oleh Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur di halaman kantor Camat Cintapuri Darussalam. Di sepanjang jalan mulai kantor camat hingga berakhir di halaman sepak bola tempat panggung utama, kafilah disambut lambaian warga yang menyaksikan dari pinggir jalan. Arak-arakan kafilah semakin semarak dengan iringan music kesenian daerah sinoman hadrah.
"Kita bersyukur bisa kembali menggelar MTQ tingkat kabupaten ini, apalagi dengan begitu banyaknya peserta yang turut berlomba pada MTQ di Cintapuri ini,” ujar Saidi Mansyur.
Dia berharap,  MTQ ini bisa semakin menumbuhkan nuansa Islami di Kabupaten Banjar. Begitupula dengan budaya mengaji sehabis sholat Mahgrib semakin banyak yang mengamalkannya.  
"Saya berpesan kepada orang tua, untuk senantiasa membangkitkan kembali ghiroh mengaji kepda anak-anaknya dengan lebih mengintensikan lagi program maghrib mengaji yaitu mengaji antara maghrib hingga pelaksanaan sholat isya," harapnya
Musyabaqoh Tilawati Qur’an untuk tahun ini dilaksanakan sejak Jumat (20/4) hingga SElasa (24/4) dan di ikuti sebanyak 20 kafilah, yang akan berlomba di 23 katagori.
Kegiatan pawai ta'aruf itu selain dihadiri Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur,  turut serta ketua DPRD Banjar HM Rusli yang merupakan tokoh Kecamatan Cintapuri dan seluruh Camat se-Kabupaten Banjar. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ogb/dani/eyv)