Martapura, InfoPublik – Perhelatan Mushabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) k-42 Tingkat Kabupaten Banjar, di Kecamatan Cintapuri Darussalam, resmi dibuka pada Jum'at (20/4) malam oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman, diikuti oles sedikitnya 4.000 lebih peserta dari 20 kecamatan.
Di atas panggung megah, yang dibangun di sebuah lapangan sepakbola ini,  Bupati Banjar H Khalilurrahman, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur , Dandim 1006/ Mtp Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil serta Wakapolres Kompol Ajie Lukman Hidayat,  Ketua DPRD Kabupaten Banjar, H Rusli, secara bergantian memukul bedug, tanda dimulainya perhelatan MTQ ke -42 ini.
Bupati mengatakan bahwa ajang MTQ merupakan wadah untuk silaturrahmi dan memupuk pesaudaraan. Selain itu juga untuk menggugah kecintaan kepada Alquran sebagai tuntunan hidup. “Saya berpesan untuk  selalu menghiasi rumahnya dengan banyak mengamalkan membaca Al quran,” ujar bupati yang akrab disapa Guru Khalil ini.
Sementara Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Banjar menjelaskan bahwa MTQ ke-42 diikuti khafilah dari seluruh Kecamatan  yang ada di Kabupaten Banjar akan mengikuti berbagai cabang, antara lain, Hifdzil, Fahmil, Tilawah, Tartil, Khath, dan Syahril.
Pelaksanaan MTQ ini juga merupakan ajang seleksi para kafilah yang dipersiapkan untuk menghadapi MTQ tingkat Nasional Provinsi Kalsel mendatang.  “Para kafilah dan peserta MTQ yang juara terbaik akan di berangkatkan Umroh, supaya  menambah semangat motivasi peserta MTQ agar prestasi lebih baik,” ujarnya.
Sedangkan Camat Cintapuri Darussalam, Suyitno, Ketua Pelaksana MTQ ke-42 menyatakan terima kasih atas segala dukungan dari semua pihak. “Terutama kepada tokoh masyarakat Cintapuri, Bapak H Rusli yang banyak membantu pelaksanaan MTQ ini, serta kepada para donatur lainnya yang banyak menyokong acara ini, kami ucapkan banyak terima kasih,” ujarnya.
Perhelatan MTQ ke-42 di Kecamatan Cintapuri Darussalam dimulai sejak Jum'at (20/4) hingga ditutup pada Selasa (24/4). Pada pembukaan kemarin, selain masyarakat dan para kafilah, tampak pula hadir Kemenag Banjar Haji Muslimin serta para kepala SKPD dan alim ulama Kabupaten Banjar.
Sementara pada sore harinya, dilakukan pawai taaruf yang diikuti sekitar 4.000 peserta dengan pakaian seragam masing-masing kecamatan. Selain itu, pembukaan MTQ semakin meriah dengan hadirnya munsyid daroi Mesir, Muhammad Thoriq. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Faris/Dani/toeb)