Martapura, InfoPublik – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan berhasil menetapkan 8 pasang dari 82 peserta Nanang dan Galuh 2018 yang akan bertarung di babak Final.
Kepala Bidang Destinasi dan Pengembangan Obyek Pariwisata, Disbudpar, Faizal Riza Kasransyah, Senin, (23/4/2018) di kantornya mengatakan pemilihan Nanang dan Galuh ini salah satunya bertujuan untuk menumbuh kembangkan kreatifitas serta kemampuan para generasi muda Kabupaten Banjar.
“Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar menggelar beragam kegiatan yang bersifat pengembangan kemampuan, potensi dan kreatifitas bagi para generasi muda tersebut,” ujarnya.
Selama dua hari seleksi yakni 18 hingga 19 April, para peserta diuji tentang pengetahuan mereka tentang kebudayaan, pariwisata dan potensi daerah. Sedangkan pada hari kedua peserta dituntut untuk bisa menampilkan bakat atau keahlian yang mereka miliki.
Ke-8 pasang Nanang dan Galub Kabupaten Banjar yang rata-rata masih berstatus mahasiswa dan pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) ini, kemudia akan menjalani karantina terbuka selama 9 hari dari 23 April - 2 Mei 2018. Kemudian karantina tertutup mulai 29 - 30 Juni 2018.
“Nantinya mereka akan mengikuti Grand Final Pemilihan Nanang Galuh Kabupaten Banjar Tahun 2018 yang dilaksanakan pada 30 Juni 2018, di Guest House Sultan Sulaiman Martapura,” tambah Faizal.
Para finalis yang terpilih yakni, Muhammad Arief, Abdul Majid,  Bahrul Ilmi, Mahmud Yunus, Ahmad Harfan, Ahmad Nasrullah,  Muhammad Aminullah dan Ahmad Hilman untuk pemilihan Nanang.
Sedangkan untuk Galuh terpilih, Cindy Aprilia, Lubna, Nur Oktavia Ningsih, Aulia Agustina, Syarifah Nur Aisyah, Hesti Oktaviana, Gusti Indriani Puspita Sari dan Syarifah Risqa. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/Nuary/Dani/TR)