Desa Kiram dan Mandiangin Barat Digenjot Lebih Produktif

Share it:
Martapura, InfoPublik – Warga di dua desa yang berpotensi wisata alam di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, yakni Desa Kiram dan Desa Mandiangin Barat, akan dibantu oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk lebih produktif mengembangkan desanya.
Melalui Direktorat Jendral Bina Produktivitas, Kemeterian Tenaga Kerja akan melatih warga di dua desa tersebut tentang bagaimana membuat bertbagai kerajinan tangan, yang bisa mendukung pengembangan pariwisata di tempat mereka.
Hal ini terungkap saat Dirjen Bina Produktifitas Kemetrerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Muhammad Jibril melakukan audensi kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman, Sabtu (19/5).
Diterima di rumah jabatan Bupati Banjar, Jibril menjelaskan bahwa kedatangannya terkait kegiatan pengembangan masyarakat produktif kawasan terpadu di Kabupaten Banjar. Kali ini yang disasar adalah warga di dua desa yakni Kiram dan Mandiangin Barat yang memiliki potensi wisata alam di Kabupaten Banjar.
Pihaknya akan membantu melatih warga untuk meningkatkan kreativitas dalam membuat kerajinan souvenir.  “Selain silaturrahmi, tadi kita sampaikan bahwa desa-desa yang memiliki kesamaan potensi, akan diberikan pelatihan untuk menghasilkan nilai tambah,” jelas Jibril, usai bertemua bupati.
Dijelaskan bahwa Dirjen Bina Produktivitas memiliki banyak program terkait dengan pengembangan kompetensi atau peningkatan kualitas sumber manusia baik itu yang kaitan dengan badan kerja maupun yang terkait dengan yang berbasis masyarakat.
Dia juga menjelaskan tentang Balai Latihan Kerja (BLK) yang dirancang untuk mengantisipasi keterbatasan ketenagakerjaan. “Kita sedang mengembangkan suatu kegiatan parenting, namanya Pelatihan Masyarakat Produktif Berbasis Kawasan. Bagaimana desa-desa yang memiliki kesamaan potensi itu kita dorong menjadi sebuah kawasan dan kita intervensi melalui pelatihan-pelatihan yang tujuannya untuk memberikan nilai tambah terhadap kegiatan ekonomi produktif di masyarakat,” jelasnya.
Sementara Bupati Banjar H Khalilurrahman menyambut baik program yang akan dilaksanakan Kementerian Tenaga Kerja RI di daerahnya. Bupati Banjar yang saat itu didampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Safrin Noor berharap, dengan adanya program tersebut bisa membantu warga setempat dalam mengembangkan perekonomian mereka.(MC-Kominfo-Kab.Banjar/Dani)
Share it:

banjarkab

media

Post A Comment:

0 comments: