Petani di Sungai Tabuk Sukses Panen Bawang

Share it:
Martapura, InfoPublik - Petani di Desa Pejambuan Kecamatan Sungai tabuk Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan sukses panen bawang merah. Bawang merah varietas Bima Brebes tersebut tumbuh subur di lahan persawahan dataran rendah yang ditanam saat musim kemarau.
Keberhasilan tersebut diutarakan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura,  Kabupaten Banjar Muhammad Fachry di Martapura,  Senin (24/9/18).
Meskipun baru uji coba, namun hasilnya cukup mengembirakan bagi petani yang tergabung pada kelompok tani Bina Guna Desa Pejambuan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.
Menurut Fachry, panen bawang merah dilakukan pada pekan lalu. "Saya beserta jajaran juga turut serta panen bawang di Pejambuan," jelasnya.
Menurutnya, keberhasilan Rusmanto dan kawan-kawan di Kelompok Tani Bina Guna mengembangkan bawang merah memicu petani lainnya untuk mengembangkan bawang merah.
Bahkan tidak menutup kemungkinan bawang merah akan menjadi komoditi hortikultura golongan sayuran terbaru di Kabupaten Banjar.
Dijelaskan, Kementerian Pertanian RI melalui Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan sangat mendukung  dengan memberikan kegiatan demplot pengembangan budidaya bawang merah. 
Bantuan ini untuk mendukung program upaya khusus untuk meningkatkan produksi bawang, cabe, dan Jeruk (Upsus Baberuk).   Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan pengembangan budidaya bawang merah  seluas empat hektar  yang tersebar di tiga  kecamatan yakni Sungai  Tabuk seluas 1 hektar, Simpang Empat 2 hektar dan Sungai  Pinang seluas 1 hektare.
"Paket bantuan yang diterima berupa  benih bawang merah varietas Bima Brebes sebanyak 800 kg per hektar, penumbuh berupa Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR)  100 liter per hektar dan Tricokompos 1.000 kilogram per hektar, selebihnya swadaya petani," kata Fachry.
Fachry mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar siap mendukung  petani yang sudah berpengalaman menanam bawang merah melalui dana APBN maupun  APBD sebagai demplot percontohan di Kabupaten Banjar.  
"Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang mencanangkan swasembada bawang merah dengan fokus menumbuhkan kawasan baru bawang merah di beberapa  daerah, salah satunya Kabupaten Banjar," imbuhnya.
Selain itu Fachry  telah melaporkan keberhasilan panen bawang merah di Desa Pejambuan ini kepada Bupati H Khalilurrahman.
"Bupati menyatakan syukur atas keberhasilan panen bawang merah di Kecamatan Sungai Tabuk. Beliau  mengatakan keberhasilan ini menjadi motivasi bagi petani lainnya untuk mengembangkan budidaya bawang merah," kata Fachry.
Bupati imbuhnya, juga berharap keberhasilan pengembangan budidaya bawang merah ini kabupaten Banjar mampu mencukupi kebutuhan di Kabupaten Banjar sendiri nantinya, bahkan kebutuhan untuk Kalimantan Selatan.
"Semoga nantinya bisa memproduksi bawang merah yang berkualitas eksport untuk pasar luar negeri," katanya. (MC-Kominfo. Kab.Banjar/Brifda/Reza/Dani)
Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: