Potensi Lahan Pertanian di Kabupaten Banjar Sangat Besar

Share it:
Martapura, infoPublik – Potensi lahan pertanian di Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Banjar masih sangat besar. Jika lahan pertanian yang masih tidur tersebut dikelola dengan optimal, maka akan menghasilkan produksi padi yang luar biasa.
Hal ini diutarakan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, saat melakukan panen padi varietas Situ Petenggang di areal persawahan Alam Roh 8, Ddesa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kamis (134/9).
Menurut gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, saat ini masih ada jutaan lahan pertanian di Kalimantan Selatan yang masih tidur dan belum tergarap. Ada sejumlah permasalahan yang menjadi hambatan untuk pengembangannya, namun Paman Birin menyatakan maslaah tersebut harus diatasi dan dicarikan solusinya.
“Beras merupakan makanan kita sehari-hari, sehingga kita wajib untuk terus mengembangkan dan membangkitkan sektor pertanian dalam setiap gerakan pembangunan,’’ kata Paman Birin usai ikut memanen padi.
Memang imbuh Paman Biri, tak mudah untuk menghidupkan lahan tidur, karena banyak yang terendam saat musim hujan. Namun dengan pengaturan irigasi yang baik, bisa diatasi, seperti yang dilakukan di areal Desa Sungai Batang Kabupaten Banjar.
“Kita akan mencoba melakukan normalisasi sungai dan tata kelola air yang baik, agar saat musim hujan tetap bisa ditanami dan yang biasanya hanya satu kali panen dalam setahun dapat menjadi dua kali panen selama satu tahun,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Kabupaten Banjar KH Khalilurrahman yang juga turut melakukan panen padi di sawah menjelaskan, bahwa Kabupaten Banjar, terkenal dengan sebutan Kindai Limpuar atau lumbung padi di Kalimantan Selatan.
“Kita memilki sentra produksi pertanian dan Desa Sungai Batang ini, Gubernur Paman Birin juga menginginkan untuk dikembangkan menjadi salah satu sentra produksi padi di Kalimantan Selatan,” ujarnya.
H Khalilulrahman menyatakan dukungan dari Gubernur H Sahbirin Noor, sangat besar guna meningkatkan produksi padi dan menghidupkan lahan pertanian di Kabupaten Banjar.  “Saya ucapkan terimakasih karena Bapak H Sahbirin Noor yang sangat peduli dengan sektor pertanian serta membantu para petani di Kabupaten Banjar untuk bisa memanfaatkan lahan tidur,” ucap Bupati yang akrab disapa Guru Khalil ini.
Beliau meyakini, dengan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, maka Pemerintah Kabupaten Banjar bersama dengan para petani di daerahnya akan bisa mempertahankan swasembada beras. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/AgusFahlevi/Dani)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: