Banjar Dibantu Armada Pengangkut Sampah

Share it:
Martapura, InfoPublik - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Direktorat Pengelolaan Sampah PSLB3, memberikan 43 unit alat transportasi roda tiga kepada perwakilan pengelola Bank Sampah di 13 Kabupaten. Alat transportasi tersebut difungsikan, sebagai armada pengangkut sampah yang bisa dimanfaatkan oleh para pengelola bank sampah.
Pada penyerahan alat secara simbolis yang berlangsung di Aula Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar, Jumat (28/9), sekaligus dilakukan sosialisasi pengembangan bank sampah dalam pengelolaan infrastruktur hijau menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.
Sebagaimana diketahui, alat transportasi untuk angkutan sampah begitu diperlukan untuk menjaga kebersihan. Sarana prasarana tersebut mendukung untuk menjaga kebersihan sampah di lingkungan.
Bekerja sama dengan Anggota Komisi VII DPR RI, Drs HM Dardiasnvah, KLHK menyerahkan alat transportasi yang dibagi pada tiap kabupaten. Sementara Kabupaten Banjar mendapatkan bantuan sebanyak 13 unit. Kasubid Sarana dan Prasarana Direktorat Pengelolaan Sampah KLHK, Agus Saefudin menerangkan, program bank sampah, menjadi solusi efektif untuk mengurangi konsumsi sampah ruman tangga. Selain itu masyarakat juga diajarkan memilah sampah sesuai jenisnya. Bahkan melalui bank sampah, si pembuang sampah malah mendapatkan income atau timbal balik dari sampah yang ia serahkan kepada bank sampah tersebut.
Tidak hanya itu, dijelaskan Agus, sampah di bank sampah bisa didaur ulang dan dijadikan bahan kerajinan tangan. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
Dardiasnyah mengatakan pihaknya melalui KLHK memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah. Sehingga tidak lagi ada yang membuang sampah sembarangan .
"Karena sekarang telah ada motor sampah ini, diharapkan masyarakat akan lebih sadar lingkungan dan mengurangi sampah yang ada pada 13 Kabupaten di Kalsel," ungkapnya. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/ell/ar).
Share it:

Info Publik

Post A Comment:

0 comments: