Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas II Martapura Lakukan IVA Test

Share it:
Martapura, InfoPublik - Ratusan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II Martapura, menjalani pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di aula Lembaga lapas Perempuan kelas II Kabupaten Banjar, Selasa (18/12).
IVA test yang diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Banjar beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan bekerja sama dengan Lapas Perempuan Kelas II Kabupaten Banjar tersebut, untuk melakukan deteksi dini kanker rahim para warga binaan.
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiyah turut menyaksikan pelaksanaan pemeriksaan deteksi penyakit kanker rahim tersebut.
Dia mengingatkan bahwa IVA Test sangat penting untuk wanita, guna mengetahui apakah ada gejala kanker pada dinding rahimnya.
Istri Bupati Khalilurrahman ini berharap agar semua warga binaan di lapas wanita II Martapura, mau menjalani IVA Test.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah mengingatkan agar para warga binaan selalu menjaga kesehatan dan berharap agar dengan diadakannya pemeriksaan IVA Tes ini, semua warga binaan negatif terkena kanker.
"Namun jika ada warga binaan yang positif kanker, maka akan segera bisa diketahui dan kita lakukan tindakan pengobatan," ujarnya.
Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan tentang peningkatan peran PKK dalam kemitraan dengan lembaga pemasyarakatan. Utamanya adalah program pencegahan penyakit kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA Test di Kabupaten Banjar.
Penandatanganan dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudathul Wardiyah dan Kepala Lapas Perempuan Kelas II Kabupaten Banjar Yunengsih. (MC. Kominfo. Kab. Banjar/Lidya/Dani)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: