Banjar Siap KKS 2019

Share it:

Martapura - InfoPublik. Mengacu pada Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 dan Nomor : 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat yang menciptakan suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintregasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah.
Sejalan dengan itu, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar menyelenggarakan kegiatan Advokasi dan Asistensi Kabupaten Kota/Sehat (KKS) dalam rangka penilaian persiapan KKS 2019 Kabupaten Banjar, di Ruang Aula Baiman Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar, Sabtu (16/3/2019) pagi.
Pada kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, H Nasrun Syah, Kepala Bappedalitbangda Banjar, Galuh Tantri Narindra, serta beberapa perwakilan SKPD terkait.
Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, H Nasrun Syah menyampaikan untuk terpilih sebagai Kabupaten/Kota Sehat ada beberapa klasifikasi dan kriteria penilaian yang harus dicapai.
"Kriteria penilaian diantaranya kemajuan di bidang kesehatan, infrastruktur Desa, sanitasi lingkungan, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta ketertiban sarana dan prasarana lalu lintas, kawasan pariwisata sehat, kehidupan sosial yang sehat, dan ketahanan pangan dan gizi," jelasnya.
Melalui kriteria penilaian tersebut, Pemerintah Kabupaten Banjar dengan SKPD terkait akan mewujudkan Kabupaten Sehat, dengan semua program yang berbasis kesehatan dalam rangka mengatasi permasalahan kesehatan.
"Untuk mewujudkan Kabupaten Banjar Sehat, saya berharap kepada SKPD terkait, Camat, bahkan Kepala Desa bisa bekerjasama saling mendukung agar terwujudnya Kabupaten Sehat, karena yang kita inginkan semua. Kabupaten Banjar maju menuju kearah yang lebih baik," ucap Sekda Banjar, H Nasrun Syah.
Kepala Bappelitbang Banjar, Galuh Tantri Narindra, menyampaikan peran Pemerintah dengan bekerjasama dengan stakeholder terkait untuk bisa meningkatkan segala sektor penunjang, Pemerintahan ke depannya dan diharapkan dengan segala persiapan yang dilakukan bisa mewujudkan Kabupaten Banjar menjadi Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019
“Bappelitbang sebagai fungsi koordinasi, harapnya semua stakeholder, semua Kecamatan semua komunitas, dan orang orang terlibat akan mendukung programnya ini, karena program Kabupaten/Kota Sehat ini, tidak saja ditinjau dari sektor kesehatan saja, akan tetapi semua sektor, dengan peran Pemerintah bisa berkolaborasi dengan masyarakat, dengan poin masyarakat itu sadar terhadap kepedulian lingkungan, dan dengan harapannya bisa melibatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banjar,” ujarnya.
Selanjutnya usai pembukaan acara oleh Sekda Banjar juga memberikan pemahaman indikator-indikator penyelanggaraan Kabupaten/Kota Sehat kepada perwakilan SKPD terkait, pada acara tersebut sebagai narasumber Kasubid Kesehatan dan Kesejahteraan  Sosial Bappeda Prov. Kalsel, Theodorik Rizal Manik. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs/Hendy)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: