Data Statistik Sektoral Untuk Kembangkan Potensi Daerah

Share it:

Di era otonomi, Pemerintah Daerah memiliki kewenangan yang lebih luas dalam mengatur berbagai aspek pembangunan. Hal tersebut membutuhkan data dan informasi pembangunan secara komprehensif dan terpadu. Data yang diperlukan tidak hanya di tingkat Kabupaten tetapi sampai di tingkat Rukun Tetangga (RT).
Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Data dan Statistik Sektoral guna tingkatkan kapasitas aparat Desa dan Kelurahan di aula Cakrawala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Martapura, Rabu (27/3/2019) pagi.
Acara sosialisasi tersebut dihadiri Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, H M. Farid Soufian, Kabid Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Ahmad Yunani, Kabid Informasi Komunikasi Publik, Eddy Elminsyah Jaya.
Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, H M. Farid Soufian menyampaikan pada Pelatihan Pengelolaan Data dan Statistik Sektoral, penyediaan data untuk perencanaan pembangunan daerah masih menghadapi berbagai masalah.
“Di antara permasalan tersebut yaitu pada data yang tersebar di instansi sektoral, kualitas data belum terjamin, ada kesenjangan data antara yang dibutuhkan dengan yang tersedia dan perubahan alur data sektoral sejak berlakunya otonomi daerah, sehingga  mengakibatkan data sektoral di tingkat Provinsi dan Nasional tidak lagi tersedia secara lengkap,” katannya.
Berdasarkan permasalahan tersebut, Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menggelar pelatihan statistik bagi Kelurahan, Desa dan RT yang diharapkan dapat mencari solusi yang optimal untuk memenuhi kebutuhan data yang lebih berkualitas dan valid yang dimanfaatkan sebagai bahan dalam perencanaan pembangunan daerah untuk menuju Kabupaten Banjar Sejahtera dan Barokah,”ujarnya.
”Pelatihan yang diselenggarakan merupakan pelatihan pengelolaan data sektoral, yang meliputi data keseharian masyarakat, seperti peternakan, perkebunan yang lebih mengarah kepada potensi kelurahan desa mereka, bukan data dasar seperti dari BPS, melainkan melalui pelatihan ini kita berharap desa atau kelurahan memiliki data yang valid dan konkret pada potensi daerahnya masing-masing, untuk lebih ditumbuh kembangkan dengan SKPD terkait sebagai bahan dalam perencanaan pengembangan potensi desa dan kelurahannya,” tambahnya.
Ia juga menjelaskan pelatihan pengolahan data adalah sebuah terciptanya jembatan antara penyedia data dengan pengguna data untuk mendiskusikan segi substansi, metodologi, konsep dan penjelasan teknis yang digunakan oleh masing masing Instansi atau SKPD,”jelasnya.
Pada Pelatihan Pengelolaan Data dan Statistik Sektoral menjadi Narasumber Kepala Seksi Statistik Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar, Firman Jati Putera dan Koordinator Statistik Kecamatan Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar, Agung Dewi Permatasari serta dihadiri RT, Kelurahan dan Desa di Kecamatan Martapura. (MC Kominfo Kab. Banjar/HFM/Hendy)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: