Desa di Gambut Diminta Anggarkan Jamban Sehat

Share it:
Martapura, InfoPublik - Desa-desa di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar diharapkan mrmasukkan anggaran pembangunan jamban sehat pada APBDes nya di tahun 2020.
Pembangunan jamban sehat di desa-desa sangat menunjang masyarakat dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Harapan tersebut mengemuka dalam kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor yang dilaksanakan di Aula Kecanatan Gambut, Jumat (17/5/2019).
Menurut Kepala UPT Puskesmas Gambut, Sugeng Riyadi, perlu adanya sinergi antar instansi pemerintah termasuk pemerintahan desa agar bisa menumbuhkan sikap dan kesedaran masyarakat melakukab PHBS yang baik.
"Antara lain pengadaan Jamban sehat yang bersenergi dengan Danramil 1006-08 Gambut dan para Pambakalan untuk bisa dianggarkan pada Dana Desa masing-masing," harapnya.
Ditanbahkan, Puskesmas Gambut ada Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Program ini memberikan pemicuan, motivasi, percontohan kepada masyarakat. Pambakal diharapkan bisa memfasilitasi kegiatan ini dengan penganggaran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Lokakarya Mini Lintas Sektoral yang digelar di Kecamatan Gambut dilaksanakan per tiga bulan sekali, dengan melibatkan unsur-unsur forum kerjasama kecamatan, puskesmas, serta para pembakal.
Acara dipimpin Camat Gambut Bapak Ahmad Fauzan, Sekcam Gambut Bapak H. Sirajuddin Ali.
Juga tampak hadir Danramil 1006-08 Gambut Cpl Kapten Bagus Rijatmo, Kanit Binmas Polsek Gambut Khairullah, Staf dan Karyawan Kecamatan, Kepala KUA Saubari, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Banjar Gunarti, bidan dan petugas kesehatan, Lurah dan Pambakal.  (MC. Banjar/Briefda-Hairudin/Dani
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: