Puluhan Ribu Jamaah Ikuti Haul Datu Kelampayan

Share it:
Martapura, InfoPublik – Puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan menghadiri puncak haul Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan ke-213 di Masjid Tuhfaturroghibin Desa Dalam Pagar Ulu Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Senin (10/6/2019) pagi. 
Peringatan haul yang dilaksanakan bertepatan dengan 6 Syawal 1440 Hijriah tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat pemerintahan di antaranya Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur.    
Selain itu juga tampak mantan Gubernur Kalsel, H Rudy Ariffin, Mantan Bupati Banjar, Pangeran H Khairul Saleh, Ketua DPRD Banjar H Rusli, Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto, Sekdaprov Kalsel, H Abdul Haris Makkie, Anggota DPR RI, H Saifullah Tamliha, para ulama, tokoh masyarakat serta pejabat lainnya.
Meski pun cuaca panas matahari cukup terik, tidak menyurutkan niat dan langkah jamaah yang berdatangan dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan untuk hadir pada haul salah satu ulama kharismatik Martapura tersebut.  
Bahkan, sejak pagi pukul 07.00 Wita jamaah baik perorangan maupun secara kelompok menggunakan kendaraan roda dua, roda empat maupun menggunakan kelotok atau perahu, datang ke lokasi haul di Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur.     
Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari merupakan ulama besar yang memiliki pengaruh bukan hanya di Kalimantan Selatan tetapi juga luar pulau Kalimantan hingga kawasan Asia Tenggara.    
"Semua tidak terlepas dari tingginya ilmu agama yang diajarkan beliau dan banyaknya kitab-kitab yang ditulis. Salah satunya kitab fiqih mazhab Imam Syafi'i yang sangat terkenal yakni Kitab Sabilal Muhtadin," ucapnya.    
Menurut Paman Birin, sosok ulama besar yang menjadi panutan masyarakat itu hendaknya menjadi teladan bagi siapa saja yang menuntut ilmu agama agar mendapatkan kebahagiaan dan selamat dunia dan akhirat.    
Prosesi haul yang dimulai pukul 09.00 Wita berjalan aman, tertib dan lancar dikawal ratusan aparat keamanan dari Polres Banjar dan unsur terkait lain yang saling bahu-membahu menjalankan tugasnya. Panitia menyiapkan tak kurang dari 80 ribu porsi makanan untuk para jamaah.
Rangkaian haul Datu Kelampayan sudah dimulai sejak Jum,at (7/6/2019) bertempat di ruang induk Masjid Tuhfaturragibin Desa Dalam Pagar Kecamatan Martapura Timur dengan acara pembacaan shalawat dan burdah serta tahlil atau nasyid.
Dilanjutkan pada Sabtu (8/6/2019) malam bertempat di kubah Datuk Kelampayan dengan acara maulid adzab, tahlil, sesudah acara dilanjutkan  jamuan makan di aula Mushola Arraudhah Sekumpul. Begitupula pada Minggu (9/6/2019) malam juga digelar acara zikir.
Sedangkan puncak acara haul dilaksanakan pada Senin (10/6/2019) pagi di Masjid Tukhfaturraghibin Kampung Dalam Pagar, yang diikuti oleh puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur serta sejumlah jamaah dari daerah lainnya.
(MC-Banjar/Rzq/Prs/Ags/Man)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: