Kelompok Wanita Tani Panen Hasil Kebun Sayuran

Share it:
Martapura, InfoPublik – Kelompok Wanita Tani (KWT) Harum Bunga Desa Labuan Tabu menggelar Syukuran Panen Hasil Kebun mereka yang berada di samping jalan Melati, Desa Labuan Tabu, Kecamatan Martapura, Selasa (6/8/2019).
Diluas lahan 1 hektar di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) KWT Harum Bunga berbagai hasil kebun di panen seperti pare, jagung, labu siam, semangka, kacang panjang, tomat dan sayuran lainnya
Pada Syukuran Panen Hasil Kebun KWT Harum Bunga tersebut dihadiri oleh,  Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nur Gita Tyas, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman didampingi Istri, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan H Suparno, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Eddy Hasby, Ketua KWT Mursidah dan Anggota KWT Harum Bunga.
Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah mengungkapkan rasa bangga terhadap KWT Harum Bunga yang telah mandiri dalam mengelola Kawasan Rumah Pangan Lestari di Desa Labuan Tabu.
“Mudah-mudahan KWT Harum Bunga dapat mengembangkan, meningkatkan produktifitasnya, dan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dengan hasil panen ini,” ujarnya.
Hj Raudhatul Wardiyah berharap KWT di Desa-Desa Kabupaten Banjar berkembang dan menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya ibu-ibu di Desa dalam bidang perkebunan dan pertanian.
“KWT Harum Bunga akan dibina lagi oleh PKK sebagai percontohan untuk yang lainnya, agar KWT lainnya bisa berkembang di Kabupaten Banjar dan menghasilkan nilai komersil dari produksinya,” harapnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman mengatakan memasuki era digitalisasi Industri 4.0 akan mengembangkan sebuah aplikasi untuk hal pemasaran dan penyaluran produksi tani.
“Era digitalisasi Industri 4.0, kita akan coba kembangkan sebuah aplikasi pada kawasan-kawasan mandiri yang menghasilkan produk, seperti KWT Harum Bunga, sehingga melalui aplikasi tersebut bisa mengoptimalkan produksi pada kawasan-kawasan mandiri dalam hal penyaluran dan pemasarannya,” ungkapnya.
Ketua KWT Harum Bunga Mursidah mengatakan melalui syukuran panen hasil kebun dapat memotivasi dan meningkatkan lagi produktivitas pada KWT nya.
“Alhamdulillah, hari ini kita menggelar panen, yang dilakukan secara simbolis oleh Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Banjar dan Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Banjar dan Sekda Banjar tadi, melalui Syukuran Panen ini mudah-mudahan kami bisa meningkatkan lagi hasil panen dan pengembangannya,” katanya.
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar yang telah membina dan membimbing KWT nya dan berharap dapat memfasilitasi KWT nya dalam meningkatkan produktivitas.

Pada Syukuran Panen Hasil Kebun KWT Harum Bunga tersebut,  Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Banjar, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman didampingi Istri, selain melakukan panen hasil kebun juga melakukan semai bibit sayur bayam dan pelepasan bibit lele pada kolam KRPL KWT Harum Bunga. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs/Hendy)
Share it:

banjarkab

Info Publik

media

Post A Comment:

0 comments: